MAMA

Recent movie I watched! Rekomendasi sekali untuk ditonotn! Bagi yang ga suka horror sekalipun, menurut gw ini wajib ditonton! ^^

Mama-2013

Directed by : Andy Muschietti

Produced by : J.Miles Dale, Barbara Muschietti

Based on : Mama by Andy Muschietti

Starring : Jessica Chastain, Nikolaj Coster-waldau, Megan Charpentier, Isabelle Nelisse, Daniel Kash

rating versi Song Euncha : five stars

Jeff karena suatu masalah, ia membunuh rekan kerja dan istrinya. Kemudian membawa kedua putrinya yang masih kecil – Victoria dan Lily- kabur sebelum polisi menangkapnya. Ia membawa kedua putrinya tanpa tujuan, hingga mobil yang dikendarainya mengalami kecelakaan dan jatuh ke hutan.  Ketiganya selamat, lalu berjalan tanpa tujuan di dalam hutan.

Mereka menemukan sebuah pondok bernama ‘Helvetia’ tak berpenghuni. Lalu masuk. Jeff yang sudah sangat tertekan bermaksud mengakhiri hidupnya. Tapi ia sadar, bahwa kedua putrinya yang masih sangat kecil itu akan mati kelaparan jika tidak ada yang menjaga. Akhirnya, ia memutuskan untuk membunuh kedua putrinya sebelum bunuh diri. Tapi, sesuatu justru membuat Jeff menghilang secara misterius saat ia hendak membunuh Victoria.

Lima tahun berlalu, Lucas –adik Jeff- masih tidak bisa menemukan Victoria dan Lily. Hingga teman yang selama ini menjadi tim-nya dalam mencari Victoria Lily menemukan kakak-beradik itu dalam keadaan hidup.

Victoria dan Lily ditemukan dalam keadaan yang sangat menyedihkan. Mereka bertingkah layaknya binatang dan tidak bisa berbicara bahasa manusia, berjalan merangkak seperti binatang.

Seorang Dokter mental bernama Dreyfuss turun tangan untuk menangani Victoria dan Lily. Ia melakukan berbagai metode penyembuhan untuk keduanya. Victoria yang berusia tiga tahun saat ditinggalkan, lebih cepat dipulihkan karena sebelumnya ia telah menguasai cukup banyak vocabularies. Sementara Lily yang berusia satu tahun pada saat ditinggalkan, sulit untuk berbicara bahasa manusia. Dokter pun melakukan penelitian setiap hari pada kedua anak tersebut. Tekanan mental saat berada di pondok ‘Helvetia’ tanpa perlindungan orangtua, membuat keduanya menciptakan tokoh imajinasi yang melindungi, menjaga, dan merawat mereka, yang kemudian mereka sebut dengan ‘Mama’.

Setelah melalui beberapa proses, akhirnya Lucas dan kekasihnya –Annabela- memenangkan hak asuh atas Victoria dan Lily. Mereka diberi rumah yang luas untuk merawat Victoria-Lily- oleh Dokter, dengan syarat penanganan kesembuhan atas Victoria dan Lily harus diserahkan sepenuhnya pada Dokter.

Lucas dan Annabel mulai tinggal di rumah baru bersama Victoria dan Lily. Berusaha setiap hari menjadikan kedua anak tersebut menjadi normal. Tapi kemudian, Annabel menyadari bahwa ada orang lain yang ikut pindah ke rumah baru mereka selain Victoria dan Lily.

Yang penasaran, atau ga penasaran, wajib banget nonton film ‘Mama’ ini. Sensasinya double loh, selain memicu emosi rasa takut, juga memicu emosi rasa sedih. b^^d

What I like :

  • Mungkin ini satu2nya film horror yang bikin gw nangis. Film ‘Mama’ ini bukan Cuma menonjolkan plot pada horror-nya itu sendiri, tapi juga menceritakan bahwa cinta seorang ibu terhadap anaknya bertahan selamanya.
  • Plot di mana Victoria dan Lily ditemukan dengan keadaan layaknya binatang dan kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa manusia mengingatkan gw pada matakuliah ‘Psycholinguistic’. Fyi, kalo kalian nonton ‘Mama’, jangan sampe berpikiran bahwa keadaan seperti itu cuma karangan si penulis yaa. Itu kenyataan loh. Banyak kasus di mana anak yang masih kecil ditinggalkan oleh orangtua/diabaikan selama bertahun-tahun akan tumbuh layaknya binatang dan kehilangan kemampuan berbahasa manusia. Dan kasus seperti itu akan sulit dipulihkan apabila si anak sudah berusia >/= 14tahun.
  • Film ini bikin penasaran banget sama kenampakan si ‘Mama’ yang susah banget nongolnya.
  • Pemeran tokoh Lily di sini (Issabella ) lucu banget. Menurut gw, perannya dapet banget dan meninggalkan kesan bahwa doi adalah anak kecil polos yang begitu merindukan dan ga mau pisah dari sosok ‘Mama’.

What I dislike :

  • Si ‘Mama’ ini jarang banget muncul. Jadinya bikin gregetan sendiri. Sekalinya nongol itu kadang ga sampe kaliatan sosoknya full.
  • Sekalinya si ‘Mama’ nongol, itu bukan sosok pemain yang didandani kaya hantu. Tapi lebih kaya animasi.
  • Karena ‘Mama’ ini film barat, ekspektasi gw terhadap sosok ‘Mama’ ini adalah hantu-hantu barat gimana gitu. Tapi penampakan si ‘Mama’ ini lebih kaya hantu Asia.
  • Kurang suka sama suara si ‘Mama’ ini, suaranya itu raung2 ga jelas kaya binatang, dan kalo udah deket, suaranya kaya makhluk apa lagi makan apa gitu.hha. *ga jelas omongan gw*
  • Point terakhir ini mungkin bisa gw masukin dalam list hal yang gw suka sekaligus ga suka. Yeap! Ending film ini sukses banget bikin gw nangis. Hiks😥

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s