The Conjuring

Yeah! Another recommended movie dari blog ini. Yup! “The Conjuring” yang baru aja rilis pas tanggal 19 July ^^v dan masih tayang di bisokop. Film besutan sutradara “Saw” dan “insidious” ini mengangkat cerita mistis berdasarkan kisah nyata dari pasangan supernatural Warren.

The Conjuring – 2013

Directed by : James Wan

Produced by : Tony DeRosa-Grund, Peter Safran, Rob Cowan

Written by : Chad and Charey Hayes

Starring : Vera Farmiga, Patrick Wilson, Ron Lovingstone, Lili Taylor

Rating versi Lollipop :  four stars

Cerita dimulai dari pasangan suami istri- Ed dan Lorraine Warren (Diperankan oleh Vera Farmiga & Patrick Wilson) yang memberikan kuliah mengenai supernatural di salah satu universitas di US. Keduanya menunjukkan salah satu video dari klien mereka yang memiliki masalah dengan boneka pemberian Ibunya yang diberi nama Annabelle.

Left: The Conjuring annabelle | Right : The real Annabelle doll

Di tempat lain, tahun 1971, keluarga suam istri Perron (Carolyn & Roger) dan kelima anak perempuan mereka baru saja pindah ke rumah baru di Harrisville, Rhode Island yang merupakan tanah tua bekas pertanian. Hari pertama mereka pindah, semuanya berjalan normal, kecuali anjing mereka yang tidak mau masuk ke dalam rumah. Malam hari, kelima anak mereka menemukan jalan rahasia menuju ruang bawah tanah yang sangat luas.

Hari berikutnya, keanehan mulai terjadi. Putri sulung mereka – Andrea- mengeluh, bahwa ia terganggu dengan bau busuk seperti bangkai yang menyengat di kamarnya pada malam hari. Carolyn Peron pun tiba2 menemuka luka lebam di kakinya yang ia tidak tahu mengapa luka itu ada di tubuhnya. Lalu, seluruh jam yang berhenti tepat pukul 3.07 dini hari. Selanjutnya, mereka menemukan anjing mereka mati tanpa sebab yang jelas.

Suatu malam, Roger pernah terbangun di meja kerjanya. Mendapati suara pintu depan diketuk sebanyak tiga kali tapi tidak mendapati apa pun di luar. Ketukan itu mulai sering terdengar setiap malam, bukan hanya berasal dari pintu depan, tapi dari berbagai sudut di dalam rumah.

Keanehan semakin sering terjadi. Salah satu putri Perron – Christine- yang tidur sekamar dengan Nancy selalu merasakan ada orang yang menarik kakinya setiap malam. Awanlya, ia mengira itu adalah Nancy yang mengganggunya. Keduanya pun sering mencium bau busuk setiap malam. Lalu Cindy, yang mengalami tidur sambil berjalan hampir setiap malam. Di mana ia masuk ke kamar Andrea dan membenturkan kepalanya ke lemari pakaian Andrea. Juga si bungsu -April yang mengatakan ia memiliki teman baru bernama Rory. Ia menemukan sebuah kotak musik dengan cermin di rumah itu dan mengatakan ia melihat Rory dari cermin sesaat setelah lagu dalam kotak musik usai.

Suatu hari, Roger Perron pergi bertugas ke luar kota selama satu minggu. Tinggallah Carolyn mengurus kelima putrinya. Suatu malam, ia mendengar suara anak2 tertawa padahal sudah larut malam. Lantas ia mengecek kamar anak2nya dan menemukan kelimanya tertidur pulas. Ia mendengar suara ketukan dari lantai satu rumahnya, ia terus berjalan mengikuti suara itu saat seluruh foto yang terpajang di dinding sepanjang tangga tiba2 jatuh bersamaan.

Carolyn semakin merasa ada yang tidak beres dengan rumahnya, tapi Roger tidak percaya pada apa yang dikatakan Carolyn. Hingga luka2 di tubuh Carolyn semakin banyak tanpa alasan yang jelas. Juga Christine yang mengatakan ia melihat sesuatu yang selama ini menarik kakinya setiap malam, makhluk itu berdiri di balik pintu dan mengatakan akan membunuh keluarga mereka.

Maka, Carolyn yang menghadiri salah satu kuliah pasangan Warren mulai menceritakan apa yang terjadi pada keluarganya dan meminta bantuan Warren. Investigasi mulai dilakukan, Lorraine yang seorang cenayang melihat banyak kejadian mengerikan dalam rumah itu yang menjadi penyebab banyaknya hal2 aneh terjadi di sana.

Kehadiran Warren untuk membantu keluarga Perron semakin menemukan titik terang mengenai terjadinya hal2 aneh di rumah itu. Ritual pengusiran hantu pun dilakukan oleh Warren guna menyelamatkan keluarga Perron.

Nah, sekian review-nya. Yang kepo banget harus nonton film ini! .heheh.
oia, tapi saran dikit yaa. Movie ini serem beneran. Buat yang ga suka film horror/baru coba2 pengen nonton film horror dan ga kuat liat horror, meningan ga usah nonton film ini karena dijamin kalian ga bakalan bisa tidur deh sampe seminggu *lebay*

What I like :

  • Rilis tanggal 19 July 2013 *ga penting*
  • Setting tahun 70-an ini bikin gw jatuh cinta banget. Segala sesuatunya vintage, rumah, pakaian, perabot. Ah! pokonya suka. Bikin kesan horror lebih berasa.
  • Karakter Patrick Wilson beda banget sama di “Insidious”, di sini dia lebih vokal dan aktif. Suka liatnya ^^
  • Efeknya keren banget. Bener2 bisa bikin bulu kuduk merinding ding dong.
  • Selalu ada scene pencarian terhadap suatu kejadian spiritual. Jadi, sejenis detektifan gitu. Apalagi pencariannya Lorraine soal sejarah rumah yang ditinggali keluarga Perron itu keren banget. Plus Lorraine yang cenayang saat liat kejadian masa lalu dan hantu di rumah itu keren banget!
  • Ada banyak banget hantu di rumah keluarga Peron yang masing2 punya masalah dan kesedihan masing2 yang saling berhubungan. Jadi kesannya ribet aja gitu. Ternyata, ada banyak yang perlu diusir.
  • Ada scene exorcism, di mana Ed membaca something like bible dengan bahasa Latin. I dunno, tapi yang gw suka dari prosesi exorcism ini adalah kalimat2 dalam bahasa Latin yang kedengeran horror banget. *Di series Supernatural sering banget muncul scene exorcism*
  • Karena ini based on true story, hantunya sendiri ga terlalu sering muncul, tapi lebih sering ganggu. Dan sekalinya diganggu itu bener2 bikin merinding banget.
  • Sukses banget bikin gw gregetan sekaligus takut pas satu persatu anggota keluarga Peron mulai dirasuki dan diajak ke tempat2 tertentu di rumah itu.

What I dislike :

  • Karena ini based on true story, rasanya masih belum puas dengan ending yang akhirnya memunculkan komentar “Udah?” Menurut gw, karena ini merupakan salah satu kasusnya Warren, bakalan lebih oKEY kalo dibuat series aja yang menceritakan setiap kasus yang ditangani Warren. Jadi kaya supernatural lagi, dijamin ga bakalan bosen buat ngikutinnya. *Pendapat pribadi*
  • Masih belum ngerti, kenapa di luar negeri itu kalo suatu tempat berhantu, suka ada binatang kaya burung yang tiba2 terbang ke arah sana dan mati seolah kebentur sesuatu. *Kaya di film Dark Sky*
  • Seringnya si hantu mengganggu dengan ngetuk2 dinding sebanyak tiga kali itu seriusan ga suka banget! Kenapa? Horror ma meeeennnn >.<
  • Karena ini salah satu kasus yang ditangani Warren, jadi kepo banget kan sama kasus2 lainnya yang ditangani Warren.

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s