Misteri Sutra yang Robek by S.Mara.Gd

Misteri Sutra yang robek

Judul    : Misteri Sutra yang Robek

Penulis : S.Mara.Gd

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal   : 318 halaman

Harga  : Rp. 55.000

ISBN     : 978-979-22-9735-5

Haii, setelah beberapa waktu lalu terkena Haru syndrome dan mabok sama cerita2 romance. Akhirnya jiwa yang sempat hilang itu kembali *lebai* Jadi, udah beberapa kali jalan2 ke toko buku di bulan November ini. Wara-wiri nyari buku yang menarik hati. Sebenernya sih, udah ada buku romance inceran sehubungan dengan maboknya sama cerita romance kemarin. Tapi, entah kenapa rasanya kaki ketarik ke rak2 buku misteri. And here I’m, berakhir pada novelnya S.Mara.Gd berjudul ‘Misteri Sutra yang Robek’

back cover

Menceritakan kisah lelaki bernama Ir.Sutra yang merasa tidak bahagia dengan 7 tahun kehidupan pernikahannya. Satu-satunya ketidakbahagiaan dalam kehidupan Ir.Sutra adalah karena dirinya yang tidak bisa menerima sang istri – Ayu- apa adanya. Kenyataan bahwa Ayu sudah tidak perawan di malam pertama mereka itu membuat Ir.Sutra merasa cemburu pada lelaki yang terlebih dulu telah menikmati Ayu. Ia merasa ditipu oleh Ayu, lantas menganggap Ayu sebagai wanita najis dan brengsek. Kendati Ayu telah meminta cerai sejak malam pertama, tetapi keegoisan Ir.Sutra yang ingin memiliki Ayu membuat mereka tetap melanjutkan kehidupan rumah tangga mereka yang tidak sehat itu.

Hampir setiap hari mereka bertengkar. Bahkan tak jarang Ir.Sutra menampar dan melukai Ayu. Semakin hari, Ir.Sutra dihantui oleh perasaan bahwa dirinya tidak bisa menerima Ayu apa adanya. Padahal, dirinya sendiri sudah pernah meniduri beberapa wanita sebelum menikah dengan Ayu. Tapi ia menganggap Ayu najis dan brengsek hanya karena Ayu seorang wanita dan tidak pantas melakukan hal itu. Keturunan yang tak kunjung datang pun membuat rumah tangga mereka bagaikan neraka. Ir.Sutra akhirnya memutuskan untuk bermain serong dengan seorang gadis muda bernama Roda Darsono. Roda yang muda, cantik luar biasa itu menjadi WIL Ir.Sutra.

Hingga suatu hari, Ir.Sutra dan Ayu bertengkar hebat hingga berujung pada pemukulan terhadap Ayu. Setelah kejadian itu, Ir.Sutra ditemukan tewas di dalam kamarnya dengan keadaan lambung yang sobek oleh gunting yang terakhir kali digunakan Ayu untuk mengancam suaminya. Semua bukti tertuju pada Ayu dan dialah satu-satunya orang yang paling mungkin melakukan pembunuhan dan memiliki motif yang kuat. Tiga hari berselang, terjadi lagi pembunuhan di komplek tempat tinggal Ir.Sutra.

Kasus ini ditangani oleh kepala kepolisian Kosasih dan kerabatnya Gozali. Hingga mereka menguak kebenaran dari kasus pembunuhan yang saling berhubungan ini. Juga pelaku tunggal yang membunuh Ir.Sutra dan korban berikutnya.

Gw pribadi, sangat tidak suka dengan karakter Ir.Sutra yang apa banget deh? Maunya apa sih? Dia pengen punya istri yang sempurna, yang cuma bisa dinikmati olehnya. Padahal kenyataanya, dia sendiri jauh lebih rusak dan bobrok dari istrinya. Terus, pas scene2 menceritakan hubungan rumah tangga mereka itu, gw sedih banget sama kondisinya Ayu yang tersiksa lahir batin. Tapi, ga tau kenapa pas ada scene di mana Ir.Sutra berusaha untuk memperbaiki hubungan mereka, ada perasaan greget di hati dan pengen ya udah lah mereka baikan aja gitu. Tapi Ayu-nya bales dendam apa dulu gitu biar 1:1.hahah.

Lalu, seperti yang kita tahu bahwa stereotype polisi di mana2 itu adalah orang2 yang terlambat, tidak bisa menyelesaikan masalah, menyusahkan, merugikan dan menyebalkan! Begitu juga dalam novel ini, tokoh kepala kepolisian Kosasih dibuat sedemikian rupa hingga terlihat begitu bodoh dan mengambil kesimpulan seenak jidat tanpa evidence. Padahal dalam kasus pembunuhan, bukti nyatalah yang bisa menentukan siapa pelaku pembunuhan. Bahkan, terhadap satu hal kecil aja, si Kosasih ini ga sadar sampai esoknya diingatkan oleh rekannya-Gozali. Gw sih lebih suka karakternya Inspektur Megure di Detective Conan. Terlihat jauh lebih berguna dalam penyelidikan kasus.heheh.

Alur ceritanya sendiri mengalir tanpa diksi cetar membahana. Untuk kasusnya sendiri, entah karena gw udah sering baca novel2 pembunuhan begini. Jadi, pas mayat udah ditemukan, serasa mudah menebak pelaku beserta cara dan triknya. Jadi ga terlalu kaget gitu pas kebenaran terkuak itu.heheh.

Hemm, kalo boleh jujur. Awal tertarik dengan novel ini karena pas baru baca beberapa halaman di toko buku. Gw merasa “Ah! Agatha Christie banget!” cara mendeskripsikan tokoh, tempat, dll-nya. Hingga tiba pada bagian pembunuhannya pun terasa tenang dan bikin gw ga ngerasa bakalan terjadi pembunuhan dekat2. Nah, lama2 ga bisa berhenti baca. Tapi, karena kaki udah pegel. Maka memutuskan untuk beli. Tadinya sih ada beberapa judul lain yang menarik perhatian. Tapi, karena si ‘Misteri Sutra yang Robek’ ini udah terlanjur dibaca beberapa halaman, jadi keponya ga bisa ilang.

Oya, sempet bolak-balik juga baca nama penulisnya, ‘S.Mara.GD’ kayanya baru denger, dan di cover depan bagian atas itu ada tulisan ‘Penulis thriller No.1 di Indonesia’. Wah! Dari situ semangat banget. Ternyata ada juga penulis thriller lokal yang tulisannya bagus dan mengundang sekali untuk membaca karyanya sampai tuntas.

Nyampe rumah, ga bisa ditunda lagi buat melanjutkan baca dan selesai! Selama baca, ceritanya begitu mengalir halus. Kalo boleh bilang, gaya menulisnya itu bener2 Agatha Christie banget. Dari cara mengenalkan suatu tokoh, maka diceritakan pula latar kehidupan si tokoh sampai beberapa halaman dan konflik utama yang sedang dihadapi si tokoh. Lantas berlanjut pada pertemuan dengan tokoh lain yang nantinya memiliki benang merah pada kasus pembunuhan ini.

Bisa ditebak juga, ada dua tokoh yang jadi tokoh utama dalam misteri pemecahan teka-teki kasus ini. Kalo Agatha Christie punya Hercule Poirot atau Miss Marple sebagai detektif dan Sir Arthur Conan Doyle yang punya pasangan Sherlock Holmes dan Dr.Watson. Maka S.Mara.Gd punya kepala kepolisian Kosasih dan rekannya Gozali.

Apa yang gw suka dari novel ini, adalah segala sesuatunya begitu Indonesia. Setting, merek2 benda, sampe namanya pun Indonesia sekali. Gw suka sekali! b^^d Penyelesaian dari kasus ini pun kalo boleh bilang itu simpel sekali, dan ending-nya pun lagi2 kalo gw boleh bilang itu ‘Agatha Christie banget!’.

Setelah gw searching sedikit mengenai S.Mara.Gd ini, ternyata beliau adalah salah satu penerjemah dari beberapa karyanya Agatha Christie yang terbit di Indonesia. Ah! No wonder deh kalo begitu! Bisa dipastikan karya2nya ini 90% terinspirasi dari tulisan2 nenek Agatha.

Setelah ‘Misteri Sutra yang Robek’ ini, gw berniat membaca karya S.Mara.Gd yang lainnya. *mudah2an ada uang* karena yang ga gw suka dari novel ini adalah harganya yang tergolong mahal. Iya, Rp.55.000 untuk novel lokal berhalaman 300-an ini tergolong cukup mahal. Padahal, novelnya Agatha Christie yang notabene novel terjemahaan itu berkisar di Rp.48.000.

Sekian review dan curhat soal novel ini. Bagi yang pernah baca karya S.Mara.Gd yang lain bisa share juga review dan curhatan kalian.heheh.

See ya! Dan selalu waspada! .ahahah.

12 thoughts on “Misteri Sutra yang Robek by S.Mara.Gd

  1. Blm pernah baca novel thriller/mystery/detective atau pun sejenisnya ._. lbh suka langsung nnton filmnya drpd baca, g pernah bisa nebak soalnya xD
    ehh tp klo ff suka sihh ._.a
    Jd keingt Dazzling Auntumn.. ff mystery prtma yg aku baca..gara2 it aku jd suka baca yg mystery2😀

    btw kayaknya aku trtarik nihh sama novel ini, seru yaa kayaknya aplgi g trlalu tebel jg😀
    Tapi….harganya lumayan yaa -_- g bakaln kebeli bulan ini sepertinya:/
    Bulan ini mesti puasa(?) beli novel dulu ㅠ.ㅠ gegara liburan minggu kmren, gaji sebulan ludes buat belanja huhuhu…pdhl ada bnyk novel yg mau dbeli ㅠ.ㅠ /curcol

    Oiyaa..kmren aku jg g sengaja buka situs ap gt yg ngepost soal novel2. dan aku trtarik sama 1 novel. Misteri pembunuhan kayak gini jg..judulnya The Rosary Murderer km prnh baca?! dr sinopsisnya sihh kayaknya seru._.

    • Coba dh, kalo mau kpn2 baca. Seru ko.ehehe. Ga kalah seru dari nonton. Cuma yah, biasanya kalo novel itu kan banyak banget clue yang mengecoh juga, jadi kadang dibikin linglung ^^v

      Wah, aku jadi terharu. *peluk Key*
      Tetap baca cerita misteri, ya. Lumayan loh buat ganti suasana *apa sih*

      Iya, ga terlalu tebel. beres ko sehari juga. Cuma mahalnya itu, aku smpet mikir2 nih mau beli apa g. Tapi udh trlnjut pnasaran, daripada mati pnasaran. mening mati cantik *?*

      Wah, harus lebih ketat lagi nih.eheheh.
      Klo gtu bulan depan semangat yaa ^^9
      Pasti mau beli Always with you, yah? Eh, udah trbit loh.
      Aku jga udh kenal novel S.Mara.Gd, jadi aja nmbh bnyk yg pgn dibeli. *mewek di pojogan*

      The Rosary Murderer? Dari judulnya menarik. Ini novel terjemahan ya? Ak baru tau kayanya. Coba searching dulu review-nya.eheheh.
      Nanti kalo kamu beli, cerita2 yaa.eheheh.

      • Aku emg udh suka baca misteri skrg tp sbts ff aj..klo novel blm prnh baca ._.
        Iyaaaa, selain itu masih ad 2 novel terbitan haru yg mau aku beli ㅠ.ㅠ

        Yupp trjemahan..
        iyaa ini kayaknya seru..
        Awalnya smua korbannya prmpuan..tiap korbannya dbunuh dg sadis trs smcam pake ritual gt..
        dtangannya ad rosario trs ad tanda salib d.dahi nya
        Leherya patah, trs tangannya d.mur dlm possi brdoa /seremmm nihh ._.
        Sipp2😀 tp paling bln depan baru bisa beli ╮(ˇωˇ)╭

      • FF misteri yg udh pernah dibaca dan seru apa aja? share lah. skrang jrg nemu ff misteri yg oKEY menurutku nih.
        Eh, emang novel haru yang mau kmu beli apa aja? Ditukerin aja ih yang material sama placebo itu. Sayang, kn lumayan kmu pnya 20 material ya. Tuh! bisa dituker 4 novel loh. jadi ga usah beli.

        Setelah googling, ini difilmkan juga loh. Niat nonton film-nya dlu g nih?
        Kayanya itu semacam dipake ritual apa gitu yh korbannya?

        Oya, aku kmaren2 nyari tau soal bku terbitan haru yang Jepang. yang crying 100 times itu. kyanya ga rekomen deh. Ada yang bkin review, ktanya itu smpe bagian tengah2 terasa datar. Kalo di drama-in itu mgkin ga ada suara/percakapan. cma kaya suara angin dan alam aja.eheheh.

  2. bener aku jg jarang nemu ff misteri yg bgs skrg.. paling ff km sama bella..
    Tp the devilnya bibib bagus lohh..
    Eumm comic shop of horror, the house next door, the phantom of the opera, the locked room..
    Family bussines, who i am? i am an eve – spy 12.. yg ini blm aku baca hehe.. tp kayaknya seru ._.

    Novel penulis lokal tp latar korea…judulnya good memories..yg satunya blm terbit sihh hehe..
    Nahh makanya aku agk ragu beli novel trjmhn jepang bljar dr pngalaman.. her sunny side it ngebosenin banget g ad konfliknya sama sekali..

    It yg buat nempelin materialnya d.ambil dmana yaa?!
    4 novel? O.O emg 1 novel brp material?? tp punya ku ad yg trbitan lama jg..setauku yg bisa dtukar cm yg trbitan ’13 kn?!!

    Wahh udh dfilm kn? judulnya apa??
    nyari filmnnya aj kali yaa hehe…

    • bberapa yg disebutkan udh aku bca. yg tulisannya Shin Chaerin bgus2, tpi trnyat crtanya saduran full dri Goosebumps.

      Oh, karyanya Lia Indira blah blah blah, ya?
      Iya, syg banget ya? mgkin gaya bercerita para penulis jepang beda.

      Itu di-download di page apa yh aku lupa. tp ak udh donlot ko, klo km mau ak krim via email. ssayang kalo ga dipake materialnya.
      Klo g slah, 5 materiak dituker 1 novel.

      Jdulnya sama ko kya novelnya. Coba deh search dlu di Google. Film keluaran lama, kayanya seru gitu.eheheh.

  3. Ohh jd it saduran yaa? ._.

    Aaaa bukan /tepok jidat/ aku lupa trnyata udah punya good memories udh slsai dbaca mlh hehe..
    Tp novelnya Lia it jg sihh sama orizuka..katanya terbit bln depan..
    Iyaa..jepang mgkin lbh cocoknya buat manga drpd novel ._.

    Mauu bangettt😀 tlg kirimin yaa khaeriah91@gmail.com

    ohh okehh..ntar aku cari..mksih yaa😀

    • Iya. Yang comic shop of horror, the phantom of the opera, itu diambil dari Goosebumps, ceritanya sama banget. Cma ganti cast aja, alurnya pun ga ada yang ditambah apa gmna. Terus ada apa yh bagus, ternyata itu saduran dari manga Jepang.
      Sayang yah.

      Siip. Eh, aku kirimnya paling malem ya? Ini gagal terus, lagi butut internetrnya🙂

  4. Masa?😮 sama persis? iyaa sayang banget.. keren2 lohh aku suka tp trnyta…:/ klo kyak gt trmsk plagiat kn yakk? dia g nyntumin jg klo ff nya it d.sadur ato d.adaptasi..
    Aku sering sihh nemu ff yg jln ceitanya d.ambil dr manga tp authornya sllu blg klo ff it d.adaptasi..
    Klo yg butterfly it gmna? saduran jg?!

    Sipp…td aku udh ngegunting materialnya trnyata baru 10.. sisanya novel trbitan lama..tp anehnya 4 ways get a wife it g ad materialnya pdhl it novel trbitan ’13 jg ._.

    • Iya, aku juga iseng karena dianya tulis terinspirasi dari R.L Stine. Pas aku searching, ternyata ceritanya sama persis. Cuma ganti cast aja. Tapi kalo yang Butterfly itu original karya dia kayanya deh.

      Wah! Bisa tuker 2 novel tuh. Lumayan! Pilihnya yang mahal.eheheh.
      Eh iya, aku wktu ke toko buku juga liat ada yang udah dibuka 4 ways to get a wife itu. Tapi ga ada materialnya. Sayang. Lupa kayanya.heheh.

  5. Just Info aja, Novel karya S.Mara GD ini sudah difilmkan oleh sutradara Slamet Rahardjo dengan judul KASAMRAN, pemainnya Ida Isha, Dwi Yan dan tokoh sentralnya yag jado Roda itu, Ira Wibowo. Ira Wibowo main bagus banget di situ, bahkan dia masuk nominsai untuk artis pemeran pembantu terbaik….. di film tidak mudah tertebak ceritanya, karena tokoh Roda ‘disembunyikan’ dengan baik, yang paling menumental scenenya adalah ketika Roda bicara di pengadilan…Bagus..!

  6. Just Info aja, Novel karya S.Mara GD ini sudah difilmkan oleh sutradara Slamet Rahardjo dengan judul KASMARAN, pemainnya Ida Isha, Dwi Yan dan tokoh sentralnya yag jadI Roda itu, Ira Wibowo. Ira Wibowo main bagus banget di situ, bahkan dia masuk nominsai untuk artis pemeran pembantu terbaik saat FFI….. di film tidak mudah tertebak ceritanya, karena tokoh Roda ‘disembunyikan’ dengan baik oleh sutradara, yang paling menumental scenenya adalah ketika Roda bicara di pengadilan…Bagus..!

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s