[Anime] Another

Another-Anime

Who is the dead one?

Anime kedua yang baru2 ini aku tonton adalah Another. Anime yang diadaptasi dari novel misteri horror  karya Yukito Ayatsuji ini berjumlah 12 episode.

it happened 26 years ago

Di tahun 1972, seorang murid  kelas 3-3 SMP Yomiyama Utara bernama Misaki meninggal dalam sebuah kebakaran. Misaki merupakan murid cerdas dan disukai oleh para guru dan murid lainnya. Karena kepergian Misaki yang begitu mendadak, para guru dan murid pun seperti tidak bisa menerimanya begitu saja. Hingga suatu hari, salah satu murid menunjuk ke arah meja Misaki dan mengatakan bahwa Misaki ada di sana. Tentu saja itu adalah bohong. Mereka hanya tidak bisa menerima kepergian Misaki. Sejak saat itu, semua orang termasuk para guru mulai bertingkah aneh dengan menganggap Misaki masih hidup.Mereka juga memasukkan bangku Misaki dalam foto kelulusan. Kejadian ini kemudian memunculkan sebuah kutukan di kelas 3-3 yang mengejar setiap siswanya.

Sakakibara ditengokin teman2 barunya.

Sakakibara ditengokin teman2 barunya.

Di tahun 1998, Kouichi Sakakibara pindah ke SMP Yomiyama Utara karena Ayahnya bekerja di India dan dia tinggal bersama nenek dan kakek dari almarhum Ibunya. Sakakibara yang ditempatkan di kelas 3-3 itu tidak hadir pada hari pertamanya karena pneumothorax dan harus dirawat di rumah sakit.

Pada salah satu malam saat Sakakibara dirawat, ia bertemu seorang gadis berambut pendek menggunakan penutup mata di dalam lift. Gadis itu menggunakan seragam SMP Yomiyama Utara. Ia membawa sebuah boneka dan mengatakan akan menemui setengah dari dirinya yang malang. Gadis itu kemudian memberitahukan bahwa namanya Misaki Mei. Sakakibara merasa aneh pada Misaki karena gadis itu berjalan menuju kamar mayat.

Misaki Mei terasa begitu misterius bagi Sakakibara, karena gadis itu selalu menyendiri dan jarang masuk kelas meskipun ia berada di sekolah. Anehnya, murid-murid yang lain bertingkah seolah Misaki Mei tidak pernah ada di antara mereka. Kepada siapapun Sakakibara menanyakan perihal Misaki Mei, semua murid di kelas menyangkal keberadaannya.

url

Sakakibara begitu penasaran terhadap Misaki Mei, hingga ia terus mendekati dan mencaritahu mengenai Misaki Mei. Kedekatannya dengan Misaki Mei menimbulkan kejadian buruk di kelas 3-3. Satu persatu murid kelas 3-3 mati secara mengerikan dengan penyebab misterius. Sakakibara semakin penasaran dengan identitas asli Misaki Mei, ia sendiri mulai berasumsi bahwa Misaki Mei sebenarnya adalah hantu yang hanya bisa dilihat olehnya.

umbrella-2nd death

Kutukan terus berjalan, setiap bulan, ada warga kelas 3-3 yang meninggal. Sakakibara yang merasa harus melakukan sesuatu, akhirnya mencaritahu mengenai kutukan ini.
Akhirnya, Sakakibara mengatahui bahwa kutukan ini bermula dari kejadian 26 tahun yang lalu disebabkan oleh murid bernama Misaki.

Disebutkan, bahwa kutukan ini dimulai pada tahun ajaran setelah angkatan Misaki (Siswa yang meninggal 26 tahun lalu). Kutukan ini menimpa seluruh warga kelas 3-3 berikut dua generasi di atasnya, yakni Kakak-adik, orang tua, paman-bibi, beserta kakek-nenek.
Mereka yang terkena kutukan ini tidak bisa menghindar hingga tahun ajaran selesai.
Kutukan ini adalah adanya seseorang yang telah meninggal, dan membaur di antara warga kelas 3-3 sebagai orang hidup. Semua yang terkena kutukan ini akan dimanipulasi ingatannya, sehingga mereka tidak ingat siapa yang telah meninggal dan berbaur bersama mereka selama satu tahun tersebut. Di akhir tahun, setelah kelulusan, barulah ingatan dikembalikan dan meraka tidak bisa mengingat siapa si orang mati yang selama satu tahun membaur bersama mereka.

Sakakibara menemukan kaset berisi rekaman dari alumni kelas 3-3 15 tahun yang lalu. Senior tersebut mengatakan bahwa ia telah menghentikan kutukan. Dalam rekaman, ia menceritakan bahwa satu hari pada saat kelas 3-3 mengadakan Study Tour di bulan Agustus. Ia tidak sengaja berkelahi dengan salah satu temannya yang menyebabkan temannya itu tewas. Ia ketakutan dan tidak mengatakannya pada guru, berharap keesokan harinya polisi atau teman2nya akan menemukan mayat teman mereka. Tapi, keesokan harinya, tak ada seorang pun yang menemukan mayat tersebut. Lantas, senior itu kembali ke hutan tempat ia membunuh temannya dan tidak menemukan mayat itu. Saat ia bertanya kepada teman2nya yang lain mengenai keberadaan teman yang telah ia bunuh, semua orang mengatakan tidak pernah mengenal nama itu dan menyebutkan bahwa tidak pernah ada murid bernama itu di kelas mereka.
Sang senior mengasumsikan bahwa cara menghentikan kutukan itu adalah dengan mengirim si orang mati pada kematiannya.

Sakakibara bersama Misaki mulai mencaritahu siapa si orang mati yang berbaur bersama mereka dan berusaha menghentikan kutukan tersebut sebelum menghampiri keduanya.

MY THOUGHT

Dari pertama baca sinopsis anime ini, aku udah tertarik luar biasa. Segala sesuatunya terasa begitu misterius dan cukup mencekam. Mulai dari suasana Yomiyama, bagaimana Misaki Mei berbicara, bahkan backsound dari tiap adegan pun terasa begitu misterius. Selain itu, aku juga suka sama adanya dua orang narator -cewek dan cowok- yang menceritakan sesuatu mengenai kutukan di kelas 3-3 di bagian awal setiap episodenya. Jadi, dua narator ini seperti dua orang sahabat yang sedang menceritakan soal kutukan, di mana si narator cowok menceritakan apa yang dia tahu, dan narator cewek menanggapi dengan rasa penasaran. *setelah kepo manga-nya dan aku tonton lagi anime ini, ternyata dua narator itu adalah siswa dan siswi kelas 3 SMP Yomiyama Utara dari kelas lain*

Sama seperti Ghost At School, aku suka anime ini karena visualisasinya lebih bikin bahagia dibandingkan live action, juga suara orang Jepang yang misterius itu rasa-rasanya lebih enak didengar.heheh.
Kalau dibandingkan dengan Ghost At School, menurutku visualisasi anime ini lebih bagus.

Misaki Mei

Misaki Mei

another

Anime ini pun menurutku harus diberi rating dewasa karena banyaknya adegan yang menampilkan kematian mengerikan, pembunuhan dan begitu banyak darah, juga ‘ritual’ yang kusebut sebagai bullying. Tapi, bagi penyuka horror dan misteri macem aku ini, anime Another wajib sekali ditonton ^^

Ada satu adegan yang paling aku suka di anime ini, tapi lupa di episode berapa ^^v
Yaitu adegan saat sang wali kelas 3-3 -Kubodera Sensei- memutuskan untuk bunuh diri di depan murid-muridnya dengan cara menusukkan pisau ke tenggorokannya sampe darahnya muncrat. Dan yang paling epic tuh, saat darah sang guru muncrat ke wajah dan pakaian para murid yang lagi duduk di bangku, terus para murid itu speechless luar biasa dan sama sekali ga bisa bergerak saking shock-nya. Sumpah! Ini keren banget d^^b
Dari dulu aku selalu ngebayangin buat cerita di mana bagian awalnya itu si tokoh utama tiba2 liat kematian di depan matanya, kematian sadis sampe darah korbannya muncrat ke wajah bahkan baju si tokoh utama.hahahah. Dan Another sudah mewujudkan salah satu imajinasiku. *Sembah yang punya cerita*

another

Tapi, aku pribadi ngerasa agak bosan dengan bagian awal anime ini karena ngerasa alurnya terlalu lambat. Hingga di episode 4, barulah semuanya terasa sangat menarik dan bikin penasaran.

Dari episode 1, aku udah sangat tertarik dengan karakter Misaki Mei yang misterius ini. Dari gaya dia bicara, dan kenapa dia pake penutup mata untuk menutupi mata kirinya itu bikin penasaran luar biasa. Aku pribadi ngerasa berada di posisi Sakakibara karena semuanya begitu misterius dan bener-bener have no idea about what’s going on. Dan ending dari anime ini tidak mengecewakan. Sebenernya misterinya itu sederhana sih, dan kunci pemecahannya pun sebenernya selama ini dekat dengan Sakakibara. Jadi, intinya sih unbelieveable gitu bahwa si orang mati itu adalah…. ^^v
Padahal dari awal udah dikasih banyak banget clue, bahkan sampe menuju episode akhir pun clue masih ditebar buat bisa nebak siapa sebenernya si orang mati itu.

Oya, lupa, aku juga suka romansa ala anak SMP antara Sakakibara sama Misaki ini.heheh.

Sakakibara-Misaki

Holding hand

Sebenernya sih, mungkin, dibandingkan romansa, karena mereka masih SMP yang mereka lakukan itu sejenis pertemanan sejati. Di mana Sakakibara dan Misaki saling melindungi karena mereka mengalami hal yang serupa di kelas 3-3 itu.
Cuma, ga tau kenapa, aku sih ngerasanya karakter Sakakibara ini emang punya interest cukup besar sama Misaki.heheh. Ya, karena ceritanya ini anak SMP, jangan berharap bisa liat adegan kisseu ato pelukan.heheh.

Untuk karakter Sakakibara, aku sendiri ga tau kenapa ya kalo ngebayangin ini dijadiin live action, aku pengennya karakter ini diperanin sama Luhan. Ah! Kenapa Luhan? Soalnya menurutku cocok aja gitu. Si Sakakibara ini tipe cowok yang ganteng dan imut, tapi dia kelihatan lemah. Yah, pokonya cocoklah kalo dimainin sama Luhan. Kalo untuk karakter Misaki Mei, udah tentu cocok diperanin sama aku yang terlihat seperti hantu dan misterius *plaaakkk* bercanda ^^v

Sakakibara Koichi

Sakakibara Kouichi

Aku belum kepo apa Another ini ada versi live action-nya apa ga. Yang jelas, kalo ada atau kalo belum dan dibuatkan versi live action-nya mungkin bakalan terasa kaya film Korea Death bell karena setting-nya lebih banyak di dalam kelas dan melibatkan para murid gitu. Tapi, kalo versi live action-nya belum ada, aku sih berharap mening ga usah dibuat aja. Karena kayanya bakalan berkurang keseruannya.heheh.

Oya, aku ngabisin 12 episode ini dalam satu kali nonton. heheh. Maklum, kalo mainannya horror sama misteri aku ga bisa mengontrol diri sendiri ^^v *UPDATED : Udah 3x ditonton dan masih mau nonton lagi*
Aku penasaran banget pengen baca versi novelnya, sayang, kayanya belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia. hing…
Tapi, untuk mengobati keinginan ini, kayanya aku bakalan baca manga-nya dulu deh.eheheh.

Jadi, kalian berani nonton Another?

BONUS :

Berikut salah satu soundtrack dari anime Another yang palling aku suka. Track 1 – The Story of Yomiyama. Enjoy!

39 thoughts on “[Anime] Another

  1. kayaknya seru deh. kalo ghot at shool sih udh lama banget n ini kayaknya msh fresh abis. kalo dr summary kk sih mgkn hantunya malah sakakibara atau si misaki mei deh.*sotoy*
    oh, ada satu film anime yg seru juga, kk. judulnya mirai nikki. kurang horror sih, tapi seru banget deh pokokny

    • Seru banget, Bella! Aku juga ga bosen nonton lagi dan lagi ^^
      Kalo ga salah ini anime-nya produksi 2012 deh.
      Hehe, bisa jadi hantunya salah satu di antara mereka. Eh, bahkan di anime ini, Sakakibara sendiri ada loh pikiran kalo dialah si orang mati itu.heheh. Soalnya si orang mati itu sendiri ga inget kalo dia udah mati. Bedanya, si orang mati melupakan banyak hal yang udah terjadi dalam hidupnya.
      Silakan ditonton biar lebih jelas.hehe.
      Mirai Nikki yah? Siip lah, masuk list anime-ku yah. Kebetulan aku lagi suka banget nonton anime, tapi ga tau harus nonton judul apa.
      Thank u, Bella😉

  2. saya mau nontooon…

    nanya lagi nih Euncha, kira2 saya nyari anime ini dimana?

    kayaknya seru bgt ya? saya udh laper banget sama cerita model gini, apalagi didukung sama visual yg cakep2 gitu🙂

    eh, bener tuh! Luhan cocok buat peran Sakakibara, dan saya udh ngebayangin aja sama adegan walikelasnya bunuh diri😀

    • Hai… Kak Lydia. Eh aku manggilnya dari eonni jadi kakak ga apa2 ya? .heheh.

      Sejujurnya kalo download2an aku kurang berpengalaman. Tapi kata temenku yang sering download katanya search aja di google, ada banyak situs yang menyediakan download gratis anime dn ukurannya ga lebih dri 80mb.
      Tapi kalo aku sih nyari dvd anime di tukang dvd, kalo kak Lydia mau sih bleh titip aku.
      Mudah2an infonya membantu.heheh.

      Seru banget! Aku sampe sekarang total udah 4x nonton dan masih belum bosen loh. Apalagi soundtrack-nya itu bikin suasana horror tambah luar biasa b^^d

      Nah kah, cocok kalo diperanin Luhan. Imut2, mungil dan terkesan lemah.hahahah.
      Yang walikelasnya bunuh diri adegan favorit banget! Suka luar biasa…
      Pokonya kak Lydia harus nonton! *maksa*

  3. Aku mau nontoooonnn..
    Kayaknya seru yaa..aku udh lamaaa bgt g nnton anime, trakhir jaman SMA dl.. aku asli nya penyuka anime tp klo yg horror gini bs d.blg jarang.. plg misteri kyak Detektif school Q gt..

    Serius bnyk situs yg buat download? soalnya aku plg mles nnton klo dvd. entah knp ._. mau apapun it klo dlm bntuk dvd psti g d.nnton dehh..

    • Seruuu banget!!! Harus nonton pokonya! *maksa*

      kata temenku sih begitu. Aku belum berpengalaman kalo donloat2an sejenis film atau seri.hehehe.
      Coba donlot di bioskop31.blogspot.com kalo mau. Aku juga baru banget nemu blognya.

      • aku udah download xD
        bru 3 eps tp.. blm sempet nnton jg, lbh tepatnya g diijinin nnton:/ gara2 msh sakit, td aj kena mrh pas ketahuan online xD *mlh curhat
        tp td sempet liat awalnya, bener lohh.. serem ._.

        Ehh aku nemu situs blog yg bgus nihh buat download anime, udh lngkap dgn subtitle nya trs ukurannya jg g gede, 70-an Mb. aku download another dsitu..
        http://animekompi.web.id/another-subtitle-indonesia/

      • Eh, kamu sakit apa? bntar, kalo ga salah waktu itu pernah cerita apa ya, yang sampe kalo baca itu sakit kepala ya?
        banyak istirahat dulu aja, biar kalo udah sembuh bisa online sepuasnya *plaakkk*
        Nah kan, serem kan? Aku paling suka bagian awalnya itu loh, backsound-nya pas banget sama ceritanya. b^^d

        Woow! Makasih info tempat donlotnya, aku juga ada banyak anime yang pengen didonlot.heheh.

  4. Aku udh nonton!!!
    Serem!! aku smpe merinding nntonnya, tp seru bgt!! *gelindingan*
    Aku bner2 g nyangka klo org matinya yg itu. Aku bhkn g sdar klo mrk it org yg sama, pdhl dr awal udh ad clue nya yaa..ya ampunn..
    Klo d.bandingin Ghost at School, menurutku yg ini lbh seru..
    Oiya, aku penasaran sm 1 hal. it lohh lift d.RS nya koq g ada lantai 4 nya yaa? kirain bkln ad hbungannya jg, trnyta g ada ._.a
    btw anime in trnyta ad live-action nya lohh.. kmren aku liat trailer nya, tp kyaknya kurang seru, lbh seruan anime nya.. yg meranin Sakakibara nya jg g ganteng,kliatan udh tua mlah klo mnrutku -_-

    Ah, it aku kena tipus u.u 2 minggu kmrin bener2 tepar bhkn sempet d.opname jg. Tp skrg udh baikan koq. Kmrin org tua ku lg sibuk jd aku ad wktu buat nnton xD *plakk*

    • Seru banget kan?
      .hahah. Kan,kan,kan padahal dari awal clue-nya udah banyak banget menunjuk ke orang itu. Aku pas lagi piknik akhir itu baru kepikiran kalo si orang matinya itu. abisan semua orang mencurigakan sih.hihi.
      Yup, setuju! Dibandingin Ghost at School emang lebih seru another.
      Aku juga ga tau soal lt.4 itu, klo ga salah pernah baca artikel gitu katanya itu budaya di Jepang. Tapi aku bacanya cuma sekilas, jadi belum tentu bener. ^^v
      Iya, aku udah nonton live action-nya dan emang ga seseru animenya. eh, tapi yang jadi sakakibaranya kalo udah nonton dan diliat2 lagi lumayan ganteng looh.hihi.
      Dan yang bikin bt, di live action-nya itu ga ada si burung beo masa? Padahal kan itu yang paling penting banget. Terus, kematin Kubodera sensei-nya juga bukan bunuh diri. Jadi kurang banget serunya -__-

      Widih, tipus. Makannya kurang bener ya? .hihi. Kalo sekarang udah sehat belum? Banyak istirahat dan banyak makan yang sehat aja.hihi.

      Aku sekarang lagi nonton anime Vampire Knight. Udah pernah nonton belum?
      Ini seriusan cowonya ganteng2 bangetlah.ahahah.

      • Iyaaa!! beneran g nyangka!!
        aku curiganya pas udh d.penginapan it..
        Jd beneran g seru?! pdhl aku br rncana pengen download, klo gt g jd u.u
        Ehh.. km udh nnton spesial episodenya blm?? kmrin wktu liat trailer live-actionnya aku nemu spesial eps.nya d.youtube. Tp syngnya cm 1 part jd cm stengah gt. aku udh googling tp g ktemu lanjutannya:/

        Aku emg lg diet sihh ._. lg nyobain program OCD.. Mngkin gara2 it yaa ._.a Skrg udh sehat, tp blm sehat bener.. kata dokter hrs istirahat total ╮(ˇωˇ)╭ smpai skrg aku jg msh hrs makan bubur -_-

        Belumm.. tp it udh msuk listku kkk xD
        aku lg download Shiki. Gara2 Another aku jd ketagihan pengen nnton anime horor. Kmrin it aku searching & bnyak yg nyaranin Shiki. Aku blm sempet nnton sihh tp katanya Shiki it serem trs menjelang akhir bener2 sadis.. Kyaknya km hrs nnton yg in jg hehe..

      • Karena kita udah nonton animenya, pasti yang live action kerasa kurang banget. Aura horrornya kurang banget, ga kerasa. Kan kalo di animenya tuh dari awal banget aura horror dan sesuatu yang ga beres udah terasa. Kalo yg live action kurang greget, sama kematian2nya juga bnyak yang beda caranya, dan eksekusinya kurang oke menurutku.
        Cuma live action tuh ending-nya bagus kataku. Ambil setting taun 2012, menampilkan tahun ajaran baru kelas 3-3, pas lagi perkenalan hari pertama, tiba2 ada satu orang korban kutukan tahun 1998 muncul di kelas itu jadi salah satu di antara mereka.
        Ada eps tambahan? wah, aku ga tau. nanti dh aku coba googling.

        Eh nyobain OCD? ga takut? katanya diet itu ga aman loh, ga sehat gitu. Saranku sih kalo kamu pengen turunin berat badan, lebih baik pake olahraga daripada diet. Share pengalamanku aja, emang diet banyak kekurangannya sih. Mungkin ga kerasa di jangka pendek, tapi kaya membatasi makanan tertentu, dampak jangka panjangnya lumayan juga.

        Tapi vampire knight ga terlalu horror sih, karena emg nyeritain khidupan vampire yg berbaur sama manusia. Agak mrip Twilight, tapi ga se-cheesy dan fluffy twilight.

        Shiki aku pernah baca review-nya, tapi katanya gantung endingnya.
        Itu ada profesor yang ngadain percobaan gitu, jadi orang2 dibuat jadi walking dead. Orang yang masih hidup jadi pada parno dan ngebunuhin si walking dead dengan cara yang sadis, saking biasanya, setelah membunuh, mereka tiis aja minum teh bersama.
        Aku lagi pengen nonton apa ya kemaren judulnya, Yamishiba gitu kalo ga salah. kayanya seru.
        Eh, minat nonton Ghost Hunt? seru juga loh ^^

  5. Iya.. aku br nnton bagian awalnya jd blm tau critanya tp d.spesial episode it kyaknya nyritain sblm kjdian kutukan it, soalnya dsitu kembarannya Misaki msh hidup…

    Masa?? o.o baru tau :0 tp aku dietnya dbrengin dgn olahraga jg koq..kmrin it udh brhasil trun 2 kg ._. ngebatasin mkanan trtentu g jg sihh.. cm, aku makannya tuhh mulai dr jam 10 pagi smpai jam 6 sore, jd aku udh g mkan mlm.. klo kyak gt g bgs jg yaa??._.

    Shiki it trnyata kurang seru -_- aku br nnton smpai eps 15 sihh..
    Bkn walking dead tp vampir, mrk minum darah soalnya..
    Jd ad desa yg trpencil gt, satu persatu penduduknya mati scra misterius. Awalnya dkira wabah tp trnyta krn kluarga yg br pindah ke desa it.. dan mrk it kluarga vampir, ad manusia serigala jg.. mrk brniat nguasain desa..
    Alurnya maju mundur gt trus lambaat bgt.. aku smpai bosan -_- tp krn udh trlanjur nnton yaa udh lanjut trs mngkin ending nya bkln seru ╮(ˇωˇ)╭
    Ghost hunter?? kmrin ad yg rekomendsiin it jg.. bsok aku download dehh😀

    • Wah, aku jadi penasaran sama episode tambahannya itu. Minat baca manga-nya ga? sama serunya sama anime.

      Tapi kalo ga salah OCD itu ga boleh minum susu sama makan buah ya? Eh, bener ga sih? takut salah ^^v
      Setauku sih yang ga sehat itu meng-skip sarapan.
      Kalo ga makan malamnya itu sebenernya bagus sih.
      Eh, maaf loh kalo aku kaya sok tau. cuma share aja, aku udah sering banget diet soalnya dari jaman SMP. Jadi, udah sering kepo sana sini soal macem2 diet dan cara2 menurunkan berat badan. hihihi.

      Wah, kalo gitu aku boleh deh nanti nyoba Shiki. Asalkan horror pasti seru.hihihi.
      Ghost hunter seru!!! Pasti kamu juga suka deh, kasusnya serem2.
      Eh, nanti kalo ada rekomendasi anime yang seru2, terutama genre horror-misteri, jangan lupa share ya.^^

      • Aku kurang suka baca manga.. aku sllu bingung bcanya dr mana dl trs lnjutannya yg mna *plakk* hehe xD
        Eps. tambahannya it nyeritain awal misaki bisa ngeliat wrna kmtian. sm kmtian kmbrannya.. klo km nemu, share link nya yaa.. aku udh nyari g ktmu:/

        Boleh koq, tp blh nya d.wktu makan it aj..
        Klo OCD it kn ad yg namanya wktu puasa sama wktu makan. Klo aku kmren wktu mkn nya dr jam 10pagi-jam 6 sore. jd wktu puasa jam 6sore-10 pagi. Nahh klo wkt makan blh mkn/minum apa aja, tp klo wktu puasa udh g blh mkn apapun slain air putih.
        Skrg aku udh g bs ngeskip sarapan soalnya udh kena mag jg *huks*
        Ahh~ pantesan km kurus bgt. udh diet dr SMP, wahh :0

        Sippp.. tp skrg aku udh msuk kntor lg, udh mulai kuliah jg. Jd wktu hunting/nnton anime nya jd brkurang ㅠㅠ

      • Hehe. sama sih sebenernya aku juga. Cuma yang Another ini agak pengecualian, soalnya kepo banget dan kebetulan di halaman awalnya ada instruksi bacanya dari mana ke mana.hihi.

        Ah, ya, ya. Tapi, apa ga lebih baik puasa biasa aja senin-kamis gitu? Ibu aku juga dulu pernah rutin puasa senin-kamis, beberapa bulan udah turun berapa kilo gitu lupa.
        Tapi kalo aku ga mungkin bisa, kalo puasa ga pas bulan ramadhan pasti ga kuat.ahahah. ^^v
        Iya, aku dari SMP udah takut jadi gendut ga tau kenapa, jadi suka diet2an gitu. Tapi asal banget dietnya, ga sehat, padahal masih masa pertumbuhan. pas SMA udh berhenti diet2an, jadinya malah gbsa gemuk. Tapi awal2 kuliah tiba2 jadi gemuk dan smpelah sekarang susah mau kurus -__-
        Minat nyoba diet karbo ga? Aku pernah nyoba loh, dua minggu turun 4kilo.

        Hehe. santai aja, kalo lagi luang aja nonton anime. Lumayan buat refreshing ^^

  6. Eh.. aku baru aja slesai nnton shiki..
    Trnyata lumayan seru jg.. tp seperti yg aku blg td alurnya trlalu lambat ╮(ˇωˇ)╭ Keseruannya bru terasa d.episode 18 -klo mnurutku-
    Beneran sadis.. saking biasanya penduduk ngebunuh, g cm vampir manusia pun g segan2 d.bunuh trs mrk jg g jijik makan dgn tangan penuh darah *ughhh* Tp klo mnurutku ending nya g gantung koq. aku rada kasian sm pemimpin vampir nya😐 jd klo aku pribadi sihh cukup puas sm endingnya..

  7. Haha sama.. aku jg g kuat puasa klo bkn bln puasa, klo lapar sihh mgkin msh bs tahan tp haus nya it lohh… tempatku sekitar daerah khatulistiwa..jd cuacanya panaaaaassss bgt -_-
    Diet karbo? g mkn yg mengandung karbohidrat??
    Tanteku lg gt sihh skrg, gara2 gulanya tinggi.. jd dia mkn nasinya sekali doang it pun dkurangi. trs dgnti jd roti gandum sama buah. Tnteku udh turun 4 kilo dehh klo g slh..

    Oiyaa msh suka bca novel??
    td tmenku ngerekomendasiin OS yg jualan novel.. kbetulan mrk lg obral. harganya muraaaaaahhh bgt.. mulai dr 15rb..
    Ad novel misteri/detektif nya..novelnya S.Mara Gd jg ad klo g slh hrg nya 40 rb lumayan murah kn d.bnding d.toko hrhanya ad yg smpai 100rb -_-
    Nama OS nya Novelas Garden(os d.fb) kali aj Eun Cha niat beli hehe..

    • Aku mau haus apa laper sama2 ga kuat.hahah.
      Iya, dikurangi karbohidratnya dan banyakin proteinnya. Tapi, mau gimanapun, makan nasi tetep penting sih biar ga lemes. -__-a
      Nah kan cepet turunnya diet karbo.

      Aku lagi jarang baca novel nih sekarang, fokus ke anime *eciyeehhh*
      Eh, tapi makasih loh rekomen OSnya, kebetulan kemarin2 aku ada beberapa judul novel misteri yang pengen dikoleksi tapi harganya mahal.hihi.
      Kamu sendiri masih suka baca novel ga, Ummul? masih suka ngoleksi novel terbitan Haru?

      • Ak mah g bisa klo g mkn nasi dlm sehari xD

        Masih.. Tp udh hmpir 3 minggu g baca, udh khbisn novel soalnya, pesananku jg blm nympe. Trs krn blm smpet download anime, akhirnya bralih ke drama xD
        Trakhir beli buku haru bln lalu sblm skit. Sbnrnya ad buku haru yg pngen aku beli, novel trjemahan jepang ._. tp kyaknya seru detektif2 gt. Tp pas nemu OS Novelas Garden g jd beli. aku mlh ngeborong buku dsana xD byangin aj cm dgn 160rb udh dpt 8 buku. klo d.toko plg cm dpt 2/3 buku..

      • Heheh. Orang Indonesia mah pasti ga bisa tanpa nasi.

        Novel terbitan Haru yang terbaru apa? Aku tuh taun ini udah janji ga akan beli novel romance dulu.hihi
        Eh, yang terjemahan Jepang detektifan itu apa judulnya?
        Oh iya, aku pas buka fb pantesan mau ngapain lupa ya, belum aku add OS Novelas Garden. Itu diskonnya sampe kapan?
        Wah, lumayan banget 160 bisa dapet 8 buku… sugoii b^^d

  8. Ada The Lastst 2% in yg trakhir aku beli. yg pling bru & sprtinya blm trbit -aku liat d.os msh PO- Wishing Her to Die sama The After-Dinner Mysteries. Nah ini nih novel trjemahan jepang yg aku bilang.. ktanya ini genre komedi-misteri. Ad versi dorama, movie sm manganya jg.
    Mnurut org yg udh nnton dramanya ktanya misterinya g trlalu rumit. ktanya “Lebih ke..seberapa menarik suatu kasus dapat terjadi dan seberapa mengejutkan makna dari kasus it”
    Aku agk pnsaran sihh aplgi aku suka genre komedi..tp belinya ntr aj, tunggu ad yg slsai baca dan bkin review nya. Klo g seru g jd beli xD

    Iyaa lumayan bgt kn?!mkanya smpai ngeborong.. aku kmrin nambah 4 buku lg xD
    g tau jg ._. tp g smua buku ad diskonnya..

    • The Last 2% itu seru ga?
      Eh, dari judulnya kayanya yang terjemahan jepang ini menarik. Tapi masih belum bisa bayangin kaya gimana genre comedy-horror, dua genre yang bertolak belakang digabungkan.hemm…

      Banget lah, itu mah murah banget. Aku dari dulu pengen banget nemu tempat yang jual buku segitu murahnya. Nanti deh aku coba kalo lagi pengen baca novel.heheh. Semoga selalu ada diskon.heheh.

      • Lumayanlah.. ini novel dewasa, smutt tp g separah ELS xD In novel romance tp..

        Aku prnh baca review dramanya..
        Sesuai jdlnya pemcehan kasusnya dlakukan tpat stlh mkn malam.
        Tokoh utmanya, putri pewaris prushaan yg jg bkrja sbg detektif. dlm mecahin kasus dia sllu d.bantu sm butler nyentrik+aneh tp crdas. kyk victorique yg sllu mecahin ksusnya grevil😀 Tp si butler ini doyan bgt ngebully si detektif. Dr reviewnya sihh kyaknya in lbh ke humor..

        Haha tenang aj diskonnya sprtinya bkln lama, smpai skrg msh loh.. pdhl it udh ckup lama jg..Tp seperti yg aku blg g smua buku diskon..

      • Seruan mana sama After D-100?

        Nanti, kalo akhirnya udah keluar dan kamu beli dan seru, jangan lupa cerita2 yaa.hahah.

        Siip deh kalo diskonnya terus berlanjut. emang sih biasanya kalo OS yang jual buku gitu harganya suka lebih murah daripada di toko buku.

  9. After d-100 lbh seru dehh..
    aku g yakin km tertarik bca, aplg mngingt km blg udh janji g mau baca romance dl hehe..karakter cwonya tuhh tipe2 flawless. Blm lg critanya yg romantis smpai2 ad yg blg critanya terkesan dongeng bgt. Tp klo aku suka bgt crta ginian hehe..

    Sippsippp^^
    Eh, klo fantasi suka g?? aku lg suka bgt baca novel2 fantasi xD

    • Ah! ya, sepanjang ceritanya belum bisa ngalahin After D-100, berarti belum seru banget.hehe. ^^v
      Hehe, iya, ga akan baca dulu yang romantis2an.kekekek.

      Hemm, kalo fantasi sih aku tergantung kaya gimana dulu. ada yang suka, ada juga yang engga.
      kamu lagi baca novel apa emg? Yg waktu itu peranh di-upload fotonya di IG bukan?

  10. Iyaa😀 it salah satuny. Guild hunter series.
    Tp bkn fantasi trnyata, Fantasi it kisah2 fairy tale gt kn yaa, ad peri2 nya gt. Yg aku bca paranormal-romance. Kisah antra manusia-vampir-malaikat. Yahh semacam twilight gt lah. Tp yg in lbh seru dr twilight..

  11. Ahaha udh aku duga..
    G koq, makanya aku blg in lbh seru..
    misterinya ada, actionnya ada..
    Tapi… krn in novel trjemahan, yaa taulh gmna isinya.. Klo ELS udh ckup vulgar yg in lbih parah lagi. No sensor >//<

  12. Ini anime seru sekaligus serem dan menegangkan buatku. Biasanya aku agak alergi nonton film atau video horror, tetapi nonton ini aku nggak sabar untuk mengetahui akhir kisahnya. Emang nggak ketebak sih akhirnya, udah coba2 nebak, eh tahunya salah. *haha, berasa otakku prosesor terbaru aja, bisa menebak twist cerita*

    Jadi pengen bikin postingan seperti ini juga deh, Kak. Btw, setahuku, di Jepang itu angka 4 dikenal sebagai angka sial. Karena angka 4 bisa dibaca sebagai shi, dimana shi juga bisa berarti kematian.

    • Anime ini emang oke punya. Aku aja nontonnya sampe berkali-kali saking sukanya.hihi.

      Yup, sepertinya kamu juga penonton anime. Kapan2 boleh buat juga review-nya.hihi.

      Oh, gitu ya. Makasih loh informasinya. Terjawab sudah soal angka 4 itu ^^

  13. Yahh tp aku sempet kaget jg wkt pertama baca xD
    Yg paranormal aku udh punya 4 seri.Aku g hapal judul stiap bukunya…
    Ad seri guild hunter, yg br terbit dsini ad 4 buku. Dark hunter series 10 buku, Guardian of eternity, yg satu lupa namanya apa aku blm baca..

  14. Seru bingitt yg plg seru dark hunter tiap buku tokohny beda ceritanya beda..
    Semuanya trbitan dastan..

  15. Ini anime emang the best pokoknya!
    Aku suka adegan ‘mati’ nya pas si Sakuragi yg ketusuk ujung payung di tenggorokannya itu. Sadis, bikin yg nonton ikut-ikutan susah napas.
    Opening song nya jg meyakinkan bgt ya, buat film horor😀
    Aku malah sempat nyangka Chibiki sensei lho yg mati itu. Ternyata aku salah hahaha

  16. Tidak hanya kalian, saya juga suka sekali dengan anime ini. Tapi sayang saya masih belum nonton anime apalagi mangganya. Hanya pernah baca sinopsisnya saja :’)

Gimme Lollipop

