[Anime] Spirited Away

Aku lagi suka banget noton Anime…heheheh.
Sebenernya, masih ada satu anime yang seharusnya aku bahas sebelum ini. Yaitu anime dengan genre horror misteri ketiga yang aku tonton setelah Ghost At School dan Another.
Tapi, aku pengennya bahas yang ini dulu.eheheheh.

Spirited Away poster

Spirited Away mengisahkan tentang seorang gadis berusia 10 tahun yang sedang dalam perjalanan bersama kedua orangtuanya menuju rumah baru mereka. Gadis itu bernama Chihiro dengan perangai yang manja dan cengeng. Di tengah perjalanan, Ayah Chihiro memutuskan untuk mengambil jalan pintas. Rupanya, mereka tersesat dan menemukan sebuah terowongan kecil yang tidak bisa dilalui oleh mobil.Kedua orang tua Chihiro akhirnya berinisiatif untuk melalui terowongan tersebut sambil berjalan untuk mencaritahu apa yang ada di balik terowongan itu. Sementara Chihiro yang melihat beberapa patung dewa kuno yang menyeramkan di sekitar terowongan enggan untuk ikut. Tapi, karena ia ditinggal sendiri di dalam mobil, akhirnya Chihiro menyusul orang tuanya.

Chihiro

Setelah melewati terowongan yang gelap, mereka menemukan tempat tak terurus seperti sebuah stasiun kereta api. Lalu mendengar suara kereta api dan melangkah menuju satu-satunya jalan yang membawa mereka keluar dari stasiun tersebut. Rupanya, ada padang rumbut membentang indah. Dari kejauhan, mereka melihat beberapa bangunan yang dikatakan Ayah Chihiro sebagai salah satu usaha taman hiburan di tahun 90-an yang telah bangkrut dan mati.

Lalu, mereka melangkah melewati sungai kecil dan menemukan sebuah perkampungan kecil di mana ada begitu banyak kedai-kedai makanan berjejer sepanjang jalan. Kedai-kedai itu menyediakan begitu banyak makanan lezat. Sayangnya, tak ada satu pun orang ada di sana. Baik pemilik kedai maupun warga lainnya. Chihiro yang merasa ketakutan, minta segera kembali. Tapi Ayah dan Ibunya justru tertarik untuk makan di salah satu kedai. Meski tidak ada pemiliknya, keduanya akhirnya makan dengan lahap dan mengatakan tidak masalah karena akan membayar jika si pemilik kedai telah kembali.

world of spirits

spirited

Chihiro lalu berjalan-jalan, ia melihat sebuah bangunan kecil seperti tower yang terbuat dari bata. Ia melangkah, melewati sebuah jembatan untuk mencapainya. Saat ia melihat tower tersebut, tiba-tiba ada seorang anak lelaki seusianya *dengan pakaian tradisional Jepang* datang dan mengatakan agar Chihiro segera pergi dari tempat itu. Chihiro yang tidak paham akhirnya mengikuti perkataan anak lelaki itu karena takut. Ia kembali ke kedai untuk menemui kedua orang tuanya, bersamaan dengan hari yang telah menjadi gelap. Tiba-tiba saja, tempat itu menjadi ramai, ada begitu banyak hantu-hantu di sana. Para pemilik kedai yang tadinya tak ada pun bermunculan dalam wujud hantu. Chihiro menghampiri kedua orang tuanya yang masih makan dengan lahap, lalu terkejut karena mereka berubah menjadi babi.

Chihiro lalu berlari menuju padang rumput yang tiba-tiba berubah menjadi lautan luas. Lalu, sebuah kapal bermuatan hantu dan roh-roh muncul. Suasana menjadi begitu ramai.
Chichiro lalu mendapati tubuhnya perlahan berubah menjadi tembus pandang. Di saat ia begitu ketakutan, datanglah anak lelaki tadi menyelamatkannya dari para hantu dan roh. Lelaki itu bernama Haku, membantu Chihiro agar bisa kembali ke dunianya. Ia mengatakan bahwa ini adalah dunia roh. Haku mengatakan, untuk bisa kembali ke dunia manusia, Chihiro harus menyelinap ke ruang pembakaran dan menemui seseorang bernama Kamaji.

Haku helps Chihiro

Kamaji adalah seorang kakek dengan bentuk manusia laba-laba yang bertugas membuat api sebagai sumber air panas bagi usaha pemandian hantu dan roh milik seorang penyihir bernama Yubaba. Untuk bisa bekerja di tempat itu, Chihiro harus menemui Yubaba dan meminta pekerjaan. Di perjalanan menemui Yubaba, Chihiro menemui begitu banyak makhluk aneh yang menakutkan. Didampingi oleh Lin-salah satu pekerja Yubaba- Chihiro akhirnya menemui Yubaba dan mendapatakan pekerjaan. Yubaba mengganti nama Chihiro menjadi Sen.

Di tengah kehidupannya sebagai Sen, diam-diam Haku selalu membantu Chihiro untuk kembali pada dunianya dan mengembalikan orang tuanya menjadi manusia. Haku mengatakan agar Chihiro selalu mengingat nama aslinya, karena apabila Chihiro lupa nama aslinya, ia tidak akan bisa kembali ke dunianya. Sama seperti Haku yang telah melupakan nama aslinya sehingga ia harus terus bekerja untuk Yubaba.

chihiro in Yubaba's place

Chihiro as Sen

Chihiro mengalami banyak pengalaman menegangkan selama bekerja untuk Yubaba di pemandian hantu dan roh. Ia bertemu hantu tanpa muka, serta melayani salah satu roh dewa terkenal sebagai pelanggan pertamanya di pemandian.
Suatu hari, Chihiro melihat seekor naga yang ia yakini sebagai Haku dikejar oleh sekelompok burung yang terbuat dari kertas, naga Haku terluka dan nyaris mati. Haku diperintah oleh Yubaba untuk mencuri sesuatu dari saudara kembarnya-Zeniba.
Di sinilah persahabatan dan kasih sayang antara Chihiro dan Haku begitu diperlihatkan. Chihiro yang sedih melihat Haku nyaris mati karena jampi dari Zeniba akhirnya memutuskan menemui Zeniba untuk mengembalikan barang yang telah dicuri Haku dan meminta maaf agar Haku disembuhkan.

Chihiro yang berhasil menyelamatkan Haku akhirnya ingat bahwa saat ia kecil, ia pernah tenggelam di sebuah sungai bernama Kohaku. Sungai itu dikeringkan dan dibangun sesuatu di atasnya. Akhirnya, Haku ingat nama aslinya dan ia adalah roh dari sungai Kohaku tempat Chihiro pernah tenggelam. Itulah sebabnya saat pertama kali bertemu Chihiro, Haku telah mengetahui namanya.

Seriously, I think they gonna kiss. ^^v

Seriously, I think they gonna kiss. ^^v

Di akhir cerita, Chihiro berhasil mengembalikan keadaan genting di pemandian milik Yubaba dan ia meminta agar ia bersama orang tuanya diperbolehkan pulang ke dunia manusia.
Haku mengantar Chihiro hingga perbatasan di mana lautan tiba-tiba mengering dan kembali menjadi padang rumput luas. Mereka berpisah dan berjanji untuk bertemu lagi di dunia manusia.

MY THOUGHT

Awalnya, aku rada aneh dan setengah ga tertarik dengan anime ini. Terutama di beberapa menit pertama. Kenapa? Karena aku mikirnya ini anime bakalan berisi fantasi. Yah, aku kurang suka sebenernya dengan anime yang terlalu fantasi. Tapi ternyata Spirited Away ini beda!  Ada begitu banyak pesan moralnya dan aku sampe nonton dua kali anime ini.

Anime ini rekomendasi dari temenku sebenernya. Dia bilang, Spirited Away itu anime-nya Ghibli Production. Jadi, katanya Ghibli Production itu kalo film ato sinetron tuh kaya production house. Anime-nya khas dan beberapa ceritanya ditulis oleh sang pendiri Ghibli studio- Hayao Miyazaki. Kabarnya, Hayao Miyazaki sendiri kurang suka sama Anime jaman sekarang yang ga ada pesan moralnya.

Back into Spirited Away, aku terharu sih sebenernya abis nonton anime ini. Banyak banget moral lessons yang bisa diambil. Contohnya, ketika kita berkunjung ke suatu tempat, alangkah baiknya kita berlaku sopan dan menunggu hingga bertemu si Tuan rumah. Ga kaya orang tuanya Chihiro yang main masuk kedai dan makan seenaknya. Akhirnya mereka jadi babi.
Selain itu, kerja keras, pantang menyerah, dan kekuatan persahabatan juga digambarkan begitu jelas di anime ini. Bisa dilihat juga perubahan karakter dan kepribadian Chihiro. Dari anak yang cengeng, ia berubah menjadi anak yang pemberani dan tidak pernah pantang menyerah.
Aku pribadi, ga tau kenapa sih berharapnya Chihiro sama Haku itu bakalan ada something kaya perasaan cinta orang dewasa. Tapi sih, masih 10 tahun ya, masa aja mau ada cinta2an? .heheh.

Chihiro - Haku good bye

Siip, ini salah satu anime yang aku rekomendasikan untuk kalian tonton.
Fyi, Spirited Away ini merupakan anime yang sudah mendapat banyak pernghargaan loh. Di antaranya :

  1. Best Film Japanese (Academy Award)
  2. Best Animated Film 2003 Academy Awards
  3. Best Film Golden Bear

Anime ini juga sangat direkomendasikan ditonton oleh anak-anak sebelum usia 14 tahun.
Tapi menurutku, ga masalah ditonton bagi mereka yang sudah lewat 14 tahun pun, karena pesan moralnya yang sangat bagus. Salah satunya yang nempel di kepalaku adalah kerja keras dan pantang meyerah.

Here the trailer of Spirited Away. Enjoy!

Ada beberapa anime keluaran Ghibli yang pengen aku tonton, salah satunya Grave of The Fireflies. Ini sedih ceritanya, dan sudah diangkat ke versi live action. Kabarnya, saat versi live action-nya ditayangkan di layar lebar, para penonton ga ada yang beranjak setelah film selesai dan mereka memberi waktu beberapa menit dalam keheningan karena cerita Grave of The Fireflies ini begitu menyentuh.

So, nantikan review anime lainnya versi Lollipop, ya. See ya😉

4 thoughts on “[Anime] Spirited Away

  1. hai Euncha, apa kabar?
    sudah lama saya gk mampir ke sini^^

    ini film ya?
    sepertinya saya tertarik dan pengen nonton anime ini, kira2 nyarinya dimana ya?

    makasih loh jawabannya🙂

    • Kabar baik, Kak? Kak Lydia apa kabar juga? .hihi.
      Iya gpp, mampir kapanpun ada waktu luang aja🙂

      Yup, ini film.
      Jawabannya sama dengan balasan komenku di anime Anotger ya kak😉

    • Yup! Anime keluaran Gibli emang bagus2 dan selalu ada pesan moralnya. Boleh loh Spirited Away ditonton.
      Yang My Neighborhood Totoro aku belum nonton, itu soal anak kecil yang nyari adiknya yang ilang gitu, ya?

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s