Confession of an ex-Fangirl

105

Ini cuma tulisan berisi curhatanku yang mungkin bakalan agak ga penting bagi yang baca dan isinya bakalan super panjang, tapi bagiku cukup penting sih ^^v
Mungkin beberapa temanku dan readers blog ini udah ada yang notice dengan perubahanku. Yup! Aku memutuskan untuk berhenti jadi seorang fangirl. Alesannya sih ada banyak banget, tapi aku ga bisa sebutkan satu2, mungkin cuma garis besarnya aja.

Aku bosen dengan wabah Kpop yang udah berkembang begitu mengerikan di Indonesia. Dulu, tahun 2006, waktu aku jadi Kpoper tuh ga kaya sekarang. Ga ada fanwar, saling bash, atau fanatisme seperti sekarang. Kami, para Kpoper di masa itu cinta damai, saling berbagi info dan hidup bahagia sebagai fangirls. Kita juga ga pernah meributkan kalo teman yang dulunya suka grup yang sama tiba2 suka sama grup yang lain, kita tetep berteman dan baik2 aja.
Aku bosen dengan GB/BB di Korea yang makin marak, dan saking banyaknya aku sampe ga tau nama2nya. Gitu juga di Indonesia dengan munculnya GB/BB yang meniru konsep Korea bikin aku muak banget.
Aku ga bangga lagi saat orang2 tau kalo aku adalah seorang kpoper, karena Kpoper jaman sekarang itu punya stereotype negatif. Suka fanwar, delusi, dan banyak hal ga penting lainnya.
Aku juga bosen tiap online di TL itu penuh dengan update mengenai Kpop, Kpop, dan Kpop. Aku bosen dengan delusi tingkat tinggi para Kpoper, delusi di mana dirinya dan sang bias are made each other yang berujung pada meningkatnya standar tipe ideal cowo dan mengabaikan cowo di dunia nyata. Aku bosen dengan kegiatan ngabisin banyak uang cuma buat beli barang2 yang berhubungan dengan idola, nonton konser, dll. Aku bosen liat betapa menyedihkannya hidup para fangirl yang cuma berteriak, berdelusi, dan mengorbankan waktunya cuma untuk ber-fangirling. Padahal, ada banyak hal yang lebih menyenangkan yang bisa dilakukan.

Sekarang ini, mataku semakin terbuka tentang dunia fangirl. Aku ga munafik kalo aku pernah menjadi seorang fangirl yang begitu fanatik. Aku jealous tiap kali ada berita Key sama Nicole, aku juga benciiiiii banget sama Nicole. Waktu Jjong jadian sama SSK, aku hampir banget nangis dan ga tenang. Waktu Key ulangtaun bareng  Nicole, aku jadi down, moodku rusak dan ga bisa fokus. *untungnya waktu berita Onew-Jungah aku udah ga alay*
See? Betapa aku menyulitkan diriku sendiri. Buat apa aku cemburu cuma karena cowo yang bahkan ga kenal aku deket sama cewe lain? Buat apa mood-ku jadi rusak dan aku jadi berberat hati cuma karena orang lain? Sama sekali ga ada bagus2nya buatku. Buat apa mengidolakan seseorang, tapi cuma bikin aku menderita?

Yup! Aku udah bosen dengan semua hal itu. Aku sadar bahwa diriku itu begitu pathetic, mengabaikan diriku sendiri cuma karena para idola itu. Mengesampingkan diriku yang sebenarnya cuma karena mereka.
Aku ga suka dengan orang yang berubah kepribadiannya cuma karena Kpop. Aku pernah bahas dulu soal identitas yang berubah karena Kpop. Aku benci sama Kpoper yang cuma mau dengerin lagu2 Korea atau bahkan grup kesukaannya aja. Yang cuma mau dengerin lagu barat setelah idola Kpop mereka nyanyiin lagu itu, yang cuma mau kepoin film2 barat setelah idola mereka mainin versi drama musikalnya. Yang ikut2an nulis “Pray for….” setelah si idolanya ngetwit begitu. Yang tiba2 jadi suka sama salah satu lagu Indonesia cuma karena lagu itu dinyanyiin idolanya pas konser di Indonesia.

Sadar ga sih kalo selama ini dunia mereka itu sempit banget? Mereka terkungkung dalam lingkaran sempit yang dihuni ratusan ribu orang? Ya! Mereka *Kpopers* cuma tau Kpop, Kpop, dan Kpop. Cuma berputar di lingkaran kecil, padahal mereka ada di tempat yang begitu luas. Aku juga benci dengan Kpopers yang cuma mau berteman dengan mereka yang suka Kpop juga, membatasi pertemanan pada mereka yang ga tertarik dengan Kpop. Padahal berteman bisa dengan siapa saja. Yang lebih parahnya lagi adalah memutuskan tali pertemanan saat teman sesama Kpop kita pindah fandom atau mulai mendengarkan lagu dari grup lain. Pengkhianat, ga setia, dll. Gambaran yang menyedihkan, bukan? Padahal, nyari satu teman itu begitu sulit.

Dan sekarang, aku memutuskan buat berhenti jadi seorang fangirl. Aku masih Shawol, tapi mungkin ga bisa disebut fangirl, terserah sih Shawol lain mau anggap aku apa. Aku cuma bakal dengerin lagu2 mereka dan men-support mereka dengan caraku sendiri yang ga perlu orang lain tahu. Aku ga bakalan lagi ngabisin waktu berjam2 cuma buat fangiriling, ga akan lagi ngabisin kuota internet cuma buat download-in segala sesuatu tentang SHINee, aku juga ga akan teriak2 ga jelas kalo liat perform mereka. Aku ga akan menuh2in lagi update-an jejaring sosialku dengan info yang isinya melulu Kpop. Aku ga akan galau kalo SHINee konser di Indonesi dan aku ga bisa nonton. Aku ga akan galau kalo ada skandal atau apapun tentang mereka, aku ga akan bad mood kalo siapapun member SHINee digosipin pacaran sama siapapun dan confirmed. Bahkan, kalo suatu hari bakalan ada news yang bilang kalo Key SHINee dan former member of KARA-Nicole pacaranpun, aku bakalan baik2 aja.

Aku ga mau mengesampingkan hidupku sendiri karena Kpop. aku ga mau dengan kesukaanku sama Kpop, aku malah jadi nyusahin diri sendiri. Aku ga mau kehilangan temen cuma karena Kpop. Aku juga sadar bahwa aku ga punya hak untuk galau, marah, dll kalo ada member SHINee deket sama cewe manapun. Aku cuma seorang penggemar. Yang aku mau sekarang adalah aku sukses dan bahagia! Aku cuma bakalan ngambil manfaat2 dari kesukaanku sama Kpop. Salah satunya adalah penyaluran kegemaranku menulis. Yup! Aku ga akan berhenti nulis ff, karena ff ini udah banyak banget bantu aku berlatih nulis, aku juga ga munafik kalo kemampuan dan wawasanku soal menulis ini jadi lebih pesat dari dulu2 karena ff. Aku masih bakalan belajar bahasa Korea, dan aku bakalan tetep berteman dengan semua teman2 Shawol-ku, meski sekarang atau mungkin nanti mereka udah bukan Shawol lagi. Aku ga peduli apa mereka berganti idola atau bahkan meninggalkan dunia per-Kpop-an, siapapun yang berteman denganku dari jaringan Shawol, semuanya akan tetap aku anggap sebagai teman seperti dulu ^^
Aku mungkin bakalan satu dua kali berminat lagi kalo diajakin cover dance Kpop. Thanks karena cover dance ini, aku jadi punya kesempatan buat bergerak, membakar lemak, dan menurunkan berat badan^^’
Semua manfaat yang selama ini aku dapat dari menjadi seorang Kpoper/fangirl ga akan aku pungkiri dan lupakan. Aku bakalan tetep ngambil hal2 positif dari Kpop yang berimbas untuk kemajuan diriku. Aku bakalan meniru gimana para idola itu merawat diri mereka dengan baik, gimana mereka begitu mencintai diri mereka sendiri, dan gimana mereka saling peduli dan men-support teman2 mereka.

Untuk sahabat2 Shawol-ku tercinta, aku mau minta maaf karena akhirnya aku memutuskan untuk seperti ini. Aku juga udah berhenti jadi leader dari komunitas tercinta kita. Tapi, di luar itu, aku harap kalian masih mau berteman denganku. Dan kita bakalan tetep bisa main dan kumpul lagi, tetep bisa nyambung meski kita ga ngomongin SHINee lagi. You’re my love forever. Kalian adalah sekian di antara sekian banyak sahabat terbaikku. Semoga kalian paham dengan keputusanku saat ini. Love ya ^^

Segala sesuatunya memiliki batas, bahkan dalam suatu pertemuanpun akan ada perpisahan. Aku ga selamanya bisa jadi seorang fangirl karena aku punya hidup pribadi yang begitu penting dan ga bisa aku bagi dengan menajdi seorang fangirl. Aku juga pengen berubah, ga melulu jadi fangirl yang ya… seorang fangirl. Aku ingin jadi versi paling ‘awesome’ dari diriku sendiri.

Semoga tulisanku ga mengundang kebencian dari pihak manapun. Dan kalopun ada yang benci sama aku, yang silakan aja sih sebenernya. I dunno really care about what people think about me, they don’t walk on my feet.
Dan bagi yang bisa paham dengan keputusanku ini, aku cuma mau berbagi dan mengingatkan untuk tidak mencurhakan seluruh hidup kita untuk Kpop, siapapun grup idolamu. Kpop itu bukan agama yang harus selalu kamu anut hingga mati, juga bukan tujuan hidup yang bakalan membawa kamu pada kesuksesan. Satu2nya yang bisa membuat kamu sukses dan bahagia adalah diri kamu sendiri dengan menjadi diri sendiri dan tidak terpengaruh orang lain.

Aku juga ingin mengingatkan sedikit soal fanatisme. Bagi para Kpopers di luaran sana, ada baiknya saat menyukai suatu grup untuk tidak menjadi fanatik. Ingat! Segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik. Dan saat kalian menemukan puncaknya/titik jenuhnya, kalian bakalan tahu betapa menyakitkannya masa2 itu. Apalagi sampe mengesampingkan urusan budaya dan agama karena fanatisme ini. *Naudzubillah*
Aku pernah dengar hadist yang kurang lebih terjemahannya seperti ini :

Kecintaanmu terhadap sesuatu membuatmu buta dan tuli.

So, tetaplah pada koridor yang benar. Sesuka apapun kamu sama Kpop, jangan sampe itu membuatmu buta dan tuli. Buta pada keadaan di sekitar, pada saudara2 yang mendapat musibah, pada tetangga yang dalam kesulitan. Tuli pada dunia luar yang begitu luas. Jangan jadikan Kpop sebagai duniamu.

Sekian dariku. Semoga ada manfaatnya.😉

27 thoughts on “Confession of an ex-Fangirl

  1. Waktu baca judulnya Q dh takut bangrt lo euncha mau berhenti nulis ff jg krna dh g jd fangirl, tp untungnya enggak….
    alhamdulillah, hahaha…
    Q setuju dan dukung apapun kputusan euncha, Q jg Shawol dan Q jg sempet sakit hati waktu tau kedekatan key ma nicole atau waktu liat key hrus adegan ciuman aaat jd clyde, rasanya mau nangis..
    tapi setelah itu Q sadar bahwa meeeka sebgai idola punya hak untuk berteman dg siapa aja, atau mau menjalin hubungan dg siapa aja, mereka jg punya hak untuk menyalurkan bakat mereka walau harus beradegam seperti kiss scene, karna itu merupakan tuntutan scenario dan mereka harus bekerja profesional.
    selama mereka menikmati apa yg mereka kerjakan dan berdampak positif jg buat mereka, sebagai penggemar yg baik bukankah harus mendukungnya??
    Q juga ikut sedih waktu ada fandom BB/GB lain yg saling menjelek2kan satu sama lain, kayak liat perang poitik di indonesia aja, hehe…
    Q paham dg keputusan euncha, karna dunia kita bukan hnya indonesia dan korea tapi jg ada dunia lain yg lebih luas yang sama indahnya
    Q lega kalo euncha memutuskan untuk terus melanjutkan ffnya, habis Q suka bgta ff kamu, karena selain story linenya yg bagus tapi penataan bahasa tulisnya jg makin bagus..
    Q baca ff km dr awal, dan liat kalo gaya penulisan kamu makin meningkat..
    Good job, terus berkarya ya..
    Q selalu menunggu karyamu selanjutnya…
    Keep writing and Fighting!!🙂

    • Maksudnya bukan soal dunia kita cuma Indonesia dan Korea, tapi maksudnya biar lebih aware dengan isu2 lain yang ada di sekitar kita, bukan cma soal Kpop aja. Begitu loh maksudku. ^^
      Terima kasih buat dukungannya, Sisca. Sejauh ini sih aku belum berhenti dulu nulis ff, soalnya nulis ff udah ngasih aku banyak kesenangan dan banyak teman baru ^^

      Semangat juga buatmu, apapun yang dilakukan mereka untuk kepentingan profesi, jangan sampe bikin kamu jadi sedih dan menghambat harimu. Tetap semangat ^^9

  2. Skrg pun qw jga dah mulai tuk b’pkir yg lbh luas ttg msa dpan.!
    Mau diapain tau d bwa kmana msa dpan nanti..,.
    Msh ska kogk,tpi mgkn sdkit d krangin hobi fangirling nxa
    keep writing ja ya eun cha….

  3. Aku ngerti.. aku setuju..
    Aku sbenernya jg muak dgn para Kpopers skrg. Okeh sy emg blm lama jd kpopers yaah br 2 tahun. tp aku muak tiap buka akun sosmed isinya ttg para kpopers yg ngejelekin fandom lain, yg ngejelekin artis yg deket sm biasnya, yg plg bikin muak it kata2 frontal mrk bknnya aku sok suci ato gmna tp aku emg g trbiasa dg kata2 yg sprti it. Lgian mrk g mikir mngkin, mnghina org lain seolah mrk lbh baik. ckckk
    Kadang prnh coba buat brenti jg ad bnyk hal yg udh aku abaikan krn trlalu fokus ke kegemaranku ber-fangirling, tp sygnya msh blm bsa. Aku blm bisa sepenuhnya brhnti kpopers. Blm bisa brenti jd shawol. Aku msh blm bisa ninggalin cwo2 tampan it kkk xD Mrk udh punya trsendiri ssh d.lepasin. Aplg brkt mrk aku bisa kenal bnyk org, seperti Eun Cha^^
    Tp stdknya skrg g separah dl lahh.. dl sm sekali g bisa klo sehari aj g ngikutin info shinee. tp skrg rasanya it udh g trlalu pnting.. Jd yg aku lakuin skrg cukup nikmatin ap yg mrk kasi. g mau ngurusin soal ursn pribadi mrk lg. Aku jg prnh kyak km. Wkt jaman rumor onew-jungah aku smpai nangis. dan setelah dipikir2 lagi, rasanya it tindakan yg bodoh -_- Aku mnangisi hal yg bener2 g perlu d.tangisi. Seperti yg km blg kt g punya hak u/ mrh. siapa kt? cm fans. g punya hak buat ngatur hidup idola. lgian bgmnapun idola jg manusia, punya khidupan jg. Masa kt blh punya pcr idola g boleh u.u

    So, aku ngerti bgt dgn kputusan km.. dan sgt brsyukur krn km g mutusin berenti nulis ff jg😀 aku msh pengen baca karya2 km😀

    • Ya, Kpopers jaman sekarang emang pada ekstrim2 sih. Bukan lagi jadi saling dukung dengan sesama Kpoper, malah lebih seneng banding2in idola mereka yang berujung para perang. Padahal si idola yang mereka ributin sih adem2 aja.hahah. Pathetic sih sebenernya. Hidup mereka diabisin cuma buat ngeributin hal yang ga perlu sama sekali.
      Aku juga ga suka sih dengan kata2 frontal yang dikeluarkan tanpa dasar yang jelas.anak muda lah biasa.

      Hemm, kalo u/berhenti sih tentu aja ga bakalan bsa instan. Istilahnya kamu lagi lari, pasti ga bakalan bisa langsung berhenti, kamu harus mengurangi kecepatan lari kamu sampe akhirnya bisa bener2 berhenti. Jadi sih intinya kalo emang niat u/berhenti, dimulai aja sedikit2, biar kitanya juga ga kaget.hihi.

      Yup! Yang jelas sih mengidolakan jangan sampe bikin kita susah hati. Si orang yang kita galauin aja sih belum tentu tau kita, kan mubazir juga kita sedih buat orang yang sama sekali ga tau keberadaan kita.hing.
      Kita juga pasti ga mau kalo kita deket sama cowo, terus tiba2 ada cowo lain yg larang2 kita deket sama cowo itu karena ngaku2 sebagai fans kita. Setuju! Idola juga manusia biasa, pasti perlu pasangan dan cinta.
      Syukur kalo waktu berfangirling kamu dan caranya dah ga seekstrim dulu lagi. Kita nikmati aja apa yg dikasih SHINee tanpa merecoki hidup pribadi mereka. Sayang sih kalo kita berberat hati dan sedih cuma karena mereka. Meningan sibuk meningkatkan kualitas diri.hehe.

  4. Setuju banget eonni.. aku juga begitu sering banget… malah sekarang aku udah hampir gak tau apa-apa lagi tentang Shinee -.- aku cuma liat lewat insta abis itu bilang “ooh..” udah gak seneng-seneng banget atau lainnya.

    Semangat eonni buat lanjutin masa depannya.. semoga bisa cepet dapet pangeran yang “awesome” di kehidupan nyata ㅋㅋㅋ
    Dan bisa belajar dengan baik dan meraih cita-cita setinggi mungkin tanpa ada hambatan tentang K-pop🙂

    “Selalu ada perpisahan dalam kehidupan ini. Kita datang sendiri, segalanya akan kita jalani sendiri, dan kita akan pergi sendiri”🙂

    Fighting Eonni!!! :))

  5. Waktu baca ni curhatan nya hanya bisa senyam senyum kok kayak nga sama ya kayak aku….
    Tp gak papa ntu kan kebetulan saja…
    Kl aq sih penggemar seluruh aliran music dr yg jingkrak jingkrak ampe yg menangis bombay…..
    Justru kadang aq gak tau tuh rupa ama bentuk org yg nyanyi gimana, aq lebih menikmati suara ama liriknya
    Gitu jg ama SHINee justru lagu2 nya dah ngantri dl di list MP3 q waktu ntu.blm tau gmn bentuk dan rupa mereka,eh pas teman kuliah bawa tabloid ke rumah baru tuh di situ liat tuh tampang kece mrk.tp ttp ja pertamanya susah ngingat wajah,lbh mudah ingat suara mrk.beda bgt tuh ama kpopers skrng yg lbh pentingin wajah.dan ber fangirling ria gak jelas,
    Loh kok comen aq kok jd kayak gini
    Hadehhhhhhhh gak nyambung bgt
    Aq dukung deh eun cha sikap km teradap kpop.
    Btw kapan nulis ff romantis lg????
    Kpn lg ff nya publish??
    Jgn yg horor terus dong,sekali2 manjain lah para reader ff romantis karya mu eun………
    Okey….. ????????

    • Wah, Yanti. Sepertinya kamu termasuk orang yang santai dan dewasa dalam menghadapi segalanya, ya. Aku juga pengen kaya kamu yang lebih menyukai karya2 para artis dibandingkan jadi fangirl yang terlalu fanatik.
      Tapi, mudah2an mulai sekarang dan ke depannya, aku bisa jadi seorang fangirl yang santai dan dewasa juga.
      FF romantis sepertinya EMM sedang on going, dan sepertinya juga aku jadi lebih sering nulis ff romantis ketimbang horror. Jadi, sekarang ini aku coba untuk seimbangkan karena aku pribadi lebih condong ke horror.heheh.

  6. Ga apa apa..Song Eun Cha ssi…aq jga shawol aq jga ngrasa dnia kpop skrang bgtu ga kea dlu lg….klo aq mah bsa diblang bkan kpoper cma shawol cz aq ga update apa apa ttg kpop lain kecuali sgala sesuatu berhubungan dg SHINee….aq jga ga puna acc pa pun ttg SHINee cma koleksi video2na ja kkkkkkkkk….pi mle ahir2 ni aq jga sdang bljar utk mlai ikhlas bla members SHINee deket dg gdis siapapun & mlai mengurangi insten q ke mreka….bkan brmksud nglupain SHINee cz aq slalu brtrimaksh pd mreka krn kreativitas mreka aq trhbur krn krjakras mreka kdang ikut mmbakat smngatkan…aq ga mau loyo kalah dg members SHINee yg puna segudang aktfitas…pi dlm menyukai SHINee ga akan kaya dulu lg…pi stu hal khususna Key kkkkkkkkkk aq rela kmu dket sma cwe mana ja asal jg ex-ka””#### member …mianhae Key utk satu hal tu

    • Yup! Semangat ^^9
      Semoga SHINee menjadi inspirasi terbaik untuk terus megejar cita2 kita. Kita tiru hal2 positifnya dan lebih baiknya sih jangan jadi fangirl yang terlalu fanatik.
      .hahaha. Aku juga sih ga rido sebenernya kalo Key msialnya jadian sama mba2 ex-member KA** itu, tapi persiapan aja untuk kemungkinan terburuk.hahah.
      Semangat, Thea😉

  7. hi… eun cha.. nama ku nia.. aku lagi cari tau tentang bagaimana cara keluar dari dunia fangirl eh malah ketemu blog ini..
    pas banget.
    aku mau tau dong gimana cara kamu mulai semuanya… aku juga mmm bukan mau g jadi shawol lagi.. tapi aku ingin banget perasaan ku tu normal aj gitu klo misalkan idol ku tu dekat sama member GB lain atau artis lain engga alay dll (alhamdulilah saya engga pernah ngebush). dan suatu hari aku ngerasa klo ini tu berlebihan.. dan aku tau itu membeli goods yang berkaitan dengan shinee dan semacamnya. dan aku liat bacaan ini pasa banget aku lagi merasa klo aku ini harus menjadi diri yang lebih baik lagi tanpa adanya rasa galau klo ada shinee dateng ke indonesia karena g bisa liat mereka. dan atau semacam rasa menyasal klo ketinggalan info tentang shinee. sepertinya kamu sudah berhasil melakukan semuanya.. can you tell me, How do you begin it?

    aku ingin mengidolakan SHINee tapi tentu dengan cara yang berbeda.. can you help me?😦

    terimaksih🙂

    • Hai, Nia. Terima kasih udah baca tulisan ini.
      Yup! sejauh ini sih aku udah banyak perubahan, jadi ga sefanatik dulu lagi sama SHINee, cuma cukup mengagumi karya2 mereka dan sedikit mengagumi ketampanan mereka.heheh.
      Kalo u/caranya sih sebenernya harus dari dalam hati. Aku juga panjang banget prosesnya u/sampe ke keputusan ini.
      Intinya sih kamu harus lebih cinta sama drimu sendiri. Sesuka apapun kmu sama SHINee, jgn sampe hidup kamu tersisihkan karena mereka. Misal, kmu jadi galou seharian ga menentu karena bias kmu di SHINee digosipin sama inilah itulah. Kan rugi juga ke kamunya, masa jadi bad mood dan bahkan mungkin ga enak hati.
      Cobalah kamu nyari interest kamu di hal lain selain SHINee dan Kpop. Kalo aku sih, sekarang lagi suka nonton anime, belajar make up, juga mempercantik diri. Kalo kamu juga suka dengan hal2 itu, kmu bsa coba sedikit2. Yang penting, intensitas kamu kepoin SHINee dikurangi aja dulu per-harinya, misalnya sehari kepoin SHINee 5 jam, dikurangi dari 3 jam, 2 jamnya kamu habiskan buat dirimu sendiri.
      Selain itu, coba buat lebih aware sama isu2 selain Kpop disekitarmu. Misalnya, coba deh kamu sering2 liat ke bawah, msih bnyk kn org2 di dket kta yang u/nyari makan aja susah banget, mereka berjuang keras demi bsa bertahan hdup, rasanya sangat ga bersyukur aja klo kita rengek2 dan mksain diri kita buat bisa nonton konser, tapi org2 d dket kta msh ssh buat mkan.
      Selain itu, aku jga suka sih ngikutin cara artis2 Korea merawat diri mereka. Jadi, aku skrang lbh bnyk ngabisin waktu luangku buat misalnya excercise, belajar soal merawat kulit wajah, dll. Ironis aja kalo tiap detik kita mantengin yang ganteng2 tapi kitanya begini2 aja.

      Mudah2an saran2ku membantumu, tapi dicobanya pelan2 aja jangan sekaligus u/bisa berhenti dari dunia Kpop. Semua pasti ada prosesnya dan prosesnya pasti menyakitkan, mengingat cinta kita sama Kpop itu gede banget.
      Selamat mencoba dan tetap semangat, Nia ^^

      • terimakasih ya euncha.. iya.. sepertinya memang ironis klo kita sering mantengin yang ganteng2 tapi kita gini2 aja (menyedihkan. )..
        mmm sepertinya saran yang sangat bagus dan aku akan coba sedikit demi sedikit..
        terimaksih..🙂

      • Ya, intinya sih lebih sering mikirin soal diri sendiri dan cinta diri sendiri aja. Yakin deh para idola Kpop juga kan pada narsis dan cinta diri mereka sendiri. Kita juga harus dong cinta diri sendiri.
        oKEY, selamat mencoba, Nia. Semoga berhasil😉

  8. KAAAAAK AKU PENGEM ANET BUSA KELUAR JADI KPOPERS AAAAAAAHHH
    aku rada lega ternyata kamu shawol…
    aku lagi dalam masa jenuh banget kak..
    aku mau keluar deh jadi shawol…
    merasa banet jadi terkekang nya tapi kok susah banget ya😦
    aku sering mikir aku udah banyak buang2 waktu aku untuk jadi fangirl..
    kata kakak shawol ku, semua akan ada saat nya saat kita bener2 bakal ninggalin mereka..
    hah kaaak aku lagi galau

    • Hallo, Choiminna. Salam kenal🙂
      Makasih udah mampir ke sini.
      Bisa ko, kamu pasti bisa. Bisa banget malah.
      Emang berat, tapi kalo dimulai dan dijalani pasti sedikit2 kamu bakalan bisa move on dari Kpop.
      Kalo kamu perlu curhat soal ini, kamu boleh kirim email ke aku iamshawol.onew@gmail.com
      Aku seneng kalo bisa bantu dan berbagi.
      Tetap semangat! Jangan galau ^^

  9. Yup, aku setuju banget. Ini yang ada dibenak aku skrng. Cuman pandangan aku doang ya, buat apa sih mentingin mereka yg sama sekali gak kenal sama kamu? Buat apa lebay gitu, sementara diri kamu dikesampingkan? /omg sori lebay/. Walaupun baru dua taun aku masuk dunia fangir, awalnya emg asik tp akhir2 ini aku ngerasa ilfel. Bahkan aku ngerasa kalo emosi aku gak baik kalo terus2 di kpop, marah2 gak jelas karena idol. Aku baru tau kalo itu gak penting, See! Dunia masih terbuka lebar, masa depan yg lebih indah nanti bisa kamu capai… Jgn terus berkutat dilingkaran kecil yg gak penting, berteman sama mereka yg /maaf/ lebih mementingkan ego mereka dan idol mereka itu. Sementara diri sendiri terbengkalai, bahkan mirisnya banyak yg dengan seenak hati menghina karya anak bangsa /ya walaupun itu masih abal, tp gak ada salahnya kan hargai?/ so, aku bener2 gak mau terlibat dalam hal seperti fanwar, buang2 waktu gak jelas buat hal yg gak penting… Suka sih boleh, tp jgn sampe ngilangin identitas diri aja, dan ini cuman pemikiran aku doang lohya, aku mikir kalo aku terus di fangirling, mantengin tl, abisin uang, galauin bias, itu sama sekali ga penting hellow._. Seolah itu memacu kita untuk hidup egois wkwkw /ini menurut aku lohya, jgn pada demo dulu hehe/

  10. Jadi kaka udh ngelepas kpop? Aku mau ngelepas kpop rasanya susah banget, tapi kaka jgn bilang Kpopers alay ya, inget kaka ‘pernah’ jadi bagian dari itu trs kaka juga tau kan rasanya kalo hal yg kaka sukain diledek sama org lain, intinya jgn ngerjelek2in kpop, apalagi kayak yg kaka tau, Kpopers jaman sekarang itu galak2, sekian’~

  11. Sebenarnya ngelepasin sesuatu yang punya dampak buruk membutuhkan keikhlasan. Makanya orang2 yg bilang “pengen banget lepas dari kpop tp rasanya susah bgt.” adalah orang2 yg gak bs ikhlas. Mrk adl orang2 yg enggan keluar dr keburukan krn mrk udah trlalu menikmati keburukan itu. ^^ btw, thanks ud ngeshare salah2 satu postinganku thn lalu.🙂

  12. mungkin nanti gua juga bakal muak. Tapi sekarang mumpung masih happy yah jalanin aja lah semuanya. haha.
    setelah baca post-ingan ini jadi mikir. “Oh gua ternyata gitu ya orangnya?”
    buat nyadar wkwk. But, ga semua kpoper cuma tau ttg Kpop loh🙂

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s