Manusia Serigala by Abdullah Harahap

manusia-serigala

Judul    : Manusia Serigala

Penulis : Abdullah Harahap

Penerbit: Paradoks – Kompas Gramedia

Tebal   : 314 halaman

Harga  : Rp. 35.000 diskon 40%

ISBN     : 978-979-22-6587-3

Awalnya tertarik dengan novel ini sebenernya iseng sih pengen bacanya karya Abdullah Harahap. Kata Ibu aku sih, Abdullah Harahap itu bisa dibilang King of mystery-nya Indonesia. Konon, waktu remaja Ibu aku juga mengoleksi karya-karyanya Abdullah Harahap. Sayang, koleksinya beliau entah ke mana, jadilah sekarang aku harus hunting sendiri buku-buku Abdullah Harahap.

Ada beberapa buku Abdullah Harahap yang aku temukan di toko buku, dan jujur, ‘Manusia Sergiala’ ini iseng aku baca karena terlihat tidak menarik ^^v
Mikirnya sih, ya ini sih horror-nya pasti kurang, pasti kaya film ‘Manusia Kalong’ gitu. Oh ya, fyi, karya-karyanya Abdullah Harahap ini udah banyak loh yang diangkat ke layar lebar. Cuma sayang, versi film-nya kurang mencekam, tapi aku yakin versi novelnya bakalan horror luar biasa.

Eh tapi jangan salah, beberapa halaman pertama dari ‘Manusia Serigala’ ini langsung bikin aku kepo maksimal. Belum-belum langsung disuguhkan dengan sebuah scene kecelakaan yang begitu mengenaskan. Jadi, tertariklah aku buat meneruskan baca novel ini di rumah.heheh.

Diawali dengan sebuah kecelakaan yang dialami oleh Ibu Mia saat tengah menunggu bus untuk mengantar Mia bersekolah di Bandung. Sebuah mobil yang berusaha menyalip bus menabrak tubuh Ibu Mia, hingga terpental dan tepat mengenai tonggak pagar, menembus dari lambung ke lutut. Ibu Mia yang terluka parah itu dibawa ke rumah sakit, anehnya, saat tersadar, wanita itu dengan beraninya membuka perban yang menutupi luka menganga di lambungnya sambi berbisik pada putrinya. “Minumlah darahku!”

Kematian Ibu Mia di bawa ke meja hijau, Mia berani bersaksi bahwa lelaki dalam mobil yang menabrak Ibunya adalah seorang bernama Eddi Bratamenggala yang mengenakan kemeja merah. Sementara, seorang lelaki bernama Azis Partogi, rekan Eddi Bratamenggala yang juga ada dalam mobil mengatakan ialah yang mengendarai mobil dan menabrak Ibunya.
Mia jelas-jelas yakin dengan penglihatannya bahwa Eddi lah yang menabrak Ibunya, tapi dengan tak tik para pengacara Eddi, akhirnya kesaksian Mia dianggap tidak kuat dan akhirnya Azis lah yang dijebloskan ke penjara atas kecelakaan tersebut. Mia begitu yakin bahwa Azis adalah orang miskin yang disuap oleh sahabatnya, Eddi untuk menutupi kesalahannya.
Mia yang merasa hukum tidak adil padanya merasa begitu terpukul. Ditambah lagi Ayahnya yang ‘sakit’ tiba-tiba berubah menjadi sesosok makhluk berbulu hitam dengan moncong di suatu malam.

Cerita beralih pada tahun 2010 di kota Bandung. Dengan scene ditemukannya sesosok mayat dengan tubuh mengenaskan layaknya dicabik-cabik binatang buas di daerah Soekarno-Hatta, tepatnya kawasan jalan bypass. Mayat tersebut adalah Azis Partogi, seorang pengusaha kaya raya yang bisnisnya tidak pernah padam.

Ajun Komisaris Polisi Rukmana yang turun tangan untuk menangani kasus ini bertemu dengan Mia, wartawati terkenal yang biasa disebut Sum Kuning. Sum Kuning sering menulis berita mengenai Azis Partogi, membongkar cara gelap Azis dalam bisnisnya. Bahkan Ajun Komisaris Polisi Rukmana merasa bahwa Sum Kuning seolah punya dendam pribadi pada Azis Partogi.

Cerita dilanjutkan dengan surat wasiat dan benda wasiat Azis Partogi yang menjadi permasalahan utama. Benda wasiat itu diamanatkan pada pengacaranya, Muranis Chaniago, seorang pengacara terkenal dan handal. Muranis Chaniago merasa ada yang tidak beres saat dua buah benda wasiat dari Azis Partogi dialamatkan pada Barman Bratamenggala dan seorang wartawati bernama Sum Kuning. Dari situlah Muranis tahu bahwa Azis memegang kartu AS dari sebuah peristiwa yang menyangkut keluarga Bratamenggala dan Sum Kuning.

Berikutnya, cerita berfokus pada Mia, si Sum Kuning yang hidupnya resah karena dendamnya pada Eddi Bratamenggala yang telah menabrak Ibunya hingga tewas dalam keadaan yang mengenaskan. Mia juga menyimpan rahasia besar mengenai ayahnya yang ‘sakit’ dan suatu waktu dapat berubah menjadi manusia berbulu hitam lebat dengan moncong dan siap mencabik apa saja yang ada di hadapannya.
Karena hal ini, Mia sendiri tidak pernah membuat komitmen dengan lelaki manapun, meski kenyataannya ada begitu banyak lelaki yang tertarik padanya.

Puncak dari cerita ini adalah saat Ayah Mia diketahui melarikan diri dari pasungan di rumahnya dan dikabarkan menyusul Mia ke Bandung. Ditambah lagi adanya kabar bahwa ada lagi mayat setelah Azis Partogi yang ditemukan tewas mengenaskan layaknya dicabik-cabik binatang buas.

Jujur, cerita ini benar-benar menipu. Aku sebagai pembaca awalnya masih ga ngeuh dengan apa yang sebenarnya terjadi. Dan misteri di balik semuanya dikupas dibagian terbunuhnya Eddi Bratamenggala.
Menurutku, ini adalah cerita supranatural,romance, juga detektif karena juga banyak menceritakan bagaimana Ajun Komisaris Polisi Rukmana yang menyukai Mia ini diam-diam terjun begitu dalam di kasus ini. Dan ialah orang pertama yang mengetahui misteri yang sebenarnya terjadi.

Untuk ending-nya sendiri aku jujur kurang ngerasa greget sih, padahal dari awal sampe mau akhir itu bener-bener keren klimaksnya, cuma resolusinya kurang pas.hihi. ^^v
Aku juga ga bisa menentukan apa ending dari cerita ini memuaskan atau mengecewakan.

Oya, novel ini berkonten dewasa meskipun smooth. Jadi, bagi yang masih dibawah umur ada baiknya jangan dulu baca ini.ahahah. ^^v

Sekian review-nya.
Aku berencana untuk baca karya misteri Abdullah Harahap yang lainnya.
See ya😉

5 thoughts on “Manusia Serigala by Abdullah Harahap

  1. Oww pararom.. jd penasaran ._.
    It hrganya, hrg sblm diskon apa udh diskon??
    Eun cha coba sekali2 bca bukunya dastan.. seru2 jg lohh..
    klo kmrin aku sranin yg dark hunter, aku tarik lg aku lbh rekomenin night hunter lbh seru lg.. aplg buku 3 & 4 nya, menguras emosi😀

    • Eh, pararom apaan, Ummul? ^^v
      Itu harganya sebelum diskon, jadinya 21rb.kekek. Murah banget.
      Ah, ya. Yang keluaran dastan banyak juga yang nyaranin.hehe. Siip, nanti kalo aku hunting2 novel lagi aku cari rekomendasimu.
      Thank u, Ummul😉

      • paranormal-romance cha…genre favoritku skrg kkk..
        ehh klo misalnya mau beli coba cek fb novelas garden.. aku bli novel dastan sma dia murah2

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s