[Anime] Tonari No Kaibutsu-kun

tonari-no-kaibutsu-kun (1)

Tonari no kaibutsu-kun adalah anime berjumlah 13 episode yang diangkat dari manga berjudul sama karya Robico. Tonari no kaibutsu-kun secara literal berarti duduk di samping monster kecil. Judul dalam bahasa Inggrisnya menjadi ‘My Little Monster’.

Tonari no kaibutsu kun hug

Cerita berawal dari seorang siswi kelas 1 SMA bernama Mizutani Shizuku. Siswi yang hanya memedulikan tentang nilainya dan jarang bersosialisasi ini suatu hari diberi tugas oleh guru untuk mengantarkan print out dari materi-materi pelajaran kepada siswa yang duduk di samping (Shizuku Yoshida Haru), yang tidak pernah masuk sekolah sejak hari pertama kelas dimulai.

Yoshida Haru sendiri membuat masalah dengan berkelahi dengan senior di hari pertamanya sekolah dan setelah hari itu ia tidak pernah menampakkan dirinya di sekolah. Shizuku yang akhirnya tiba di tempat tinggal Haru mendapati Haru sebagai orang yang aneh. Ia memiliki empat orang teman lelaki yang selalu mengikutinya, namun Shizuku menyadari bahwa keempat teman tersebut tidak benar-benar menganggap Haru sebagai teman. Mereka hanya memanfaatkan Haru untuk dipinjami uang, sementara saat Haru sendiri mengalami kesulitan dengan rasa takut dan traumanya untuk pergi ke sekolah, keempat temannya tidak peduli.

images

Haru yang akhirnya menganggap Shizuku sebagai temannya yang pertama akhirnya memberanikan diri untuk pergi ke sekolah meskipun selama di sekolah ia terus menempeli Shizuku dengan alasan ia takut sendirian. Haru merasa semua orang di sekolah membencinya karena selalu terus-terusan menatapnya.

Waktu terus berjalan, Haru belajar bagaimana caranya berteman meski ia terus menempeli Shizuku. Sementara Shizuku sendiri mulai terganggu oleh keberadaan Haru yang membuatnya tidak bisa konsentrasi belajar. Shizuku mengejar rangking satu untuk semester ini, karena di semester lalu, untuk pertamakali dalam hidupnya ia tidak mendapatkan rangking satu. Di saat ia memikirkan itu, ia teringat bahwa di semester lalu, murid yang mendapat rangking satu tidak pernah muncul untuk memberikan pidato dan ia ingat bahwa murid itu bernama Yoshida Haru.

Dimulailah Shizuku yang membenci Haru karena ia rangking satu, sementara Haru semakian menempeli Shizuku dan tetap mengatakan bahwa ia menyukai Shizuku, ia merasa apapun akan terasa menyenangkan jika ia berada dekat dengan Shizuku. Shizuku yang perlahan-lahan merasakan sesuatu yang aneh setiap kali ia menghadapi Haru akhirnya menyadari bahwa ia pun menyukai Haru, tapi di sisi lain, menyukai Haru membuatnya tidak bisa konsentrasi belajar padahal nilai adalah nomor satu dalam hidupnya.

tumblr_mcf6cjDDDR1rjs4vjo1_1280

Tokoh-tokoh lain mulai muncul, Natsume – siswi sekelas yang selalu mendapatkan nilai jelek dan tidak memiliki teman. Sasaya – anggota baseball sekolah yang supel dan merupakan teman SMP Haru, Oshima – siswi kelas sebelah yang merupakan ketua kelas tapi tidak punya teman dan selalu di-bully, juga kehadiran Yamaken – teman lama Haru yang diam-diam menyukai Shizuku.

character

MY THOUGHT

Aku suka dengan anime ini meskipun genre-nye comedy-romance. Aku juga ga nyangka bakalan sesuka ini dengan anime ini. Ceritanya begitu natural tentang kehidupan anak-anak SMA. Mereka semua sebenarnya memiliki satu masalah yang sama, yaitu takut untuk sendirian dan tidak memiliki teman. Cerita mengenai persahabatan, cinta, salah paham, saling menyakiti, digambarkan jelas dalam anime ini.
Selipan comedy yang pas juga ga jarang bikin ngakak.

Tonari no kaibutsu kun

Haru yang akhirnya memiliki banyak teman dan disukai oleh para gadis di sekolahnya, selalu membantu teman-temannya. Meski ia sering berkelakuan aneh dan terkadang tak bisa mengontrol emosinya untuk tidak menghajar orang yang membuatnya marah. Shizuku yang akhirnya menyadari bahwa memiliki teman itu begitu menyenangkan, karena sejak kecil ia selalu sendirian dan memikirkan nilai-nilainya, ia yang tidak pernah peka dengan perasaan dan kesedihan orangpun, mulai memiliki perasaan-perasaan itu. Natsume yang menganggap Shizuku sebagai teman pertamanya selalu mendukung Shizuku meski terkadang Shizuku bersikap dingin padanya. Sasaya yang diam-diam menyukai Natsume ini tidak pernah berani menyatakan perasaannya karena ia tahu Natsume menyukai saudara sepupu Haru. Tapi mereka tetap berteman baik dan selalu bersama-sama. Oshima yang akhirnya memiliki teman menjadi lebih percaya diri dengan dirinya sendiri.

Ada satu kalimat dari Shizuku yang aku suka banget.

If you’ve recognized your mistakes, it’s easy enough to correct them, I think.

Shizuku Mizutani.quote

Kalimat ini muncul saat Haru menjadikan Oshima sebagai tawanannya agar kakaknya tidak mendekatinya, juga Shizuku yang membuat Natsume menangis karena Shizuku bersikap dingin padanya saat Natsume berusah memberikan masukan akan masalahnya dan Haru. Baik Oshima dan Natsume, keduanya merasakan sakit hati karena orang yang mereka anggap sebagai sahabat membuat mereka sedih bahkan terluka.
Tapi, setelah Haru dan Shizuku menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan pada sahabat mereka. Mereka meminta maaf dan persahabatan mereka semakin erat.

Aku terharu banget, aku pikir teman yang baik itu akan bisa memaafkan teman yang melakukan kesalahan dan meminta maaf secara tulus. Dan sebagai reward dari hal itu adalah persahabatan mereka yang semakin erat karena mereka telah saling mengenal lebih jauh. Bukannya malah jadi musuh.hihi.

Ending dari anime ini sendiri aku pikir gantung banget. Diakhiri dengan adegan semua orang yang mencari Haru, menganggap Haru sedang mencari ayamnya –Nagoya yang hilang. Mereka semua mencemaskan Haru hingga mereka berkumpul di rumah Haru. Menunjukkan bahwa mereka peduli  dan belum bisa tenang sebelum Haru ditemukan.

Setelah kepo manga-nya, ternyata manga-nya udah berjumlah 46 chapter dan masih on going. Ah! Aku pikir aku harus baca manga-nya dan menunggu sampe selesai untuk benar2 puas dengan kisah Shizuku-Haru dan teman-temannya. Aku juga berharap kalo anime ini bakalan ada season 2-nya, please, please, please… ^^

oKEY, sekian review-nya. Bagaimanapun, aku tetap merekomendasikan kalian untuk menonton anime ini ^^

Oh ya, ada satu soundtrack-nya yang paling aku suka. Enjoy!

8 thoughts on “[Anime] Tonari No Kaibutsu-kun

  1. Ini salah satu anime favoritku juga. Suka interaksi Shizuku sama Haru yang unik, juga karakter Haru yang gado-gado, naif, agak emosional, tapi pinter, tapi kadang2 dodol juga *apaan deh*. Sasayan, Natsume, sama gengnya Yamaken juga bikin ceritanya tambah seru. Trus animenya juga colorful, warnanya beda sama anime lain, shading-nya juga beda.

    Btw yang di video itu openingnya, bukan, Kak?

    • Betul, Ami!!! Aku juga ga nyangka bakalan sesuka ini sama anime ini.
      Bener2 penasaran sama ending yang sebener2nya dari Robico kaya gimana.hehe.
      Bukan ko, itu cuma gambarnya aja, lagunya sih soundtrack yang cumainstrumental. Coba deh didengerin, pasti langsung tau yang mana ^^

  2. Aku blm nnton.. ntr download ahh..
    Ah iya eun cha.. udh nnton Kaichou Wa Maid-sama blm?? it jg bgs lohh.. comedy-romance jg😀

    • boleh, seru ko Ummul.
      Belum, kebetulan udah masuk list anime yang pengen aku tonton. Seru banget, ya? Wah, jadi ga sabaran nih.
      Aku baru nonton Kamisama Hajimemashita. Itu juga seru loh Ummul. Udah nonton kah?

      • Seruuuu… kocak, bikin ngakak guling2 xD
        Belumm.. it genre apa??
        Aku udh lama g nnton anime.. yg maid-sama in aj aku download gara2 aku bca crta yg karakter tokohnya trinspirasi dr anime ini.. trnyata seru & aku mlh jd penasaran pngen baca manga nya jg ..

  3. keren dah emang film ini kocak & membuat sedih atas persahabatan mereka,kalo bisa mudah2an ada season 2!!amin.kyun

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s