Shirato Osamu No Jikenbo

Shirato cover

 Tittle : Shirato Osamu No Jikenbo (Detective Shirato Osamu)

Episodes : 10 episodes

Genre : Mystery, Comedy, Friendship

Broadcast Perios : Jan 2012 – Mar 2012

Based on Mysterty Novel by Okura Takahiro

Cast : Chiba Yudai | Kanata Hongo |Shizuka Nakamura

Shirato Osamu No Jikenbo adalah Midnight drama asal Jepang berjumlah 10 episode.
Mengisahkan seorang pemuda bernama Shirato Osamu yang berusia 24 tahun. Sudah 2 tahun ia lulus kuliah, tapi masih belum mendapatkan pekerjaan. Ia selalu gagal mendapatkan pekerjaan, padahal hampir setiap hari ia mengikuti interview kerja.

shirato osamu screen caps

Karena Shirato memiliki sifat yang tidak pernah bisa menolak permintaan orang lain, suatu hari ia dimintai tolong oleh sahabat lamanya Kurosaki Hitoshi (Kanata Hongo). Hitoshi yang sudah lama menghilang itu tiba-tiba muncul dan mengatakan bahwa Shirato harus menolongnya, karena saat ini ia tengah menjadi ‘tertuduh’ atas pembunuhan yang terjadi di sebuah perpustakaan.

Shirato ep2

Sejak Shirato memutuskan untuk membantu Hitoshi, secara kebetulan, ia selalu menemui kasus-kasus dan mau tidak mau ia akan menghabiskan seluruh waktunya untuk bisa memecahkan kasus tersebut. Perlahan dan tanpa disadari, Shirato menjadi seorang detektif dan selalu memecahkan kasus-kasus yang tak sengaja ia temui di Asagaya.

Chiba yudai as Shirato

MY THOUGHT

Awal tertarik untuk nonton drama ini ga lain karena aku pengen banget liat akting-nya Chiba Yudai. Dan drama komedi ini cukup membuatku puas karena bisa menyaksikan kemampuan akting Chiba-chan, di mana di OHSHC, Chiba menjadi Honey senpai yang imut, tapi di sini Chiba-chan jadi seorang lelaki manly yang hidupnya penuh komedi ^^

Drama ini termasuk midnight drama di Jepang dan ditayangkan jam 00:20 karena ada banyak adegan dewasanya. Yup! Shirato yang diceritakan suka sama seorang cewe bernama Akazawa Rio ini selalu membayangkan hal-hal jorok tiap kali ketemu Akazawa. Akazawa yang punya banyak kerjaan sampingan ini selalu bertemu Shirato di tengah-tengah pemecahan kasus, di mana akhirnya Shirato kehilangan fokusnya dan membayangkan hal-hal aneh tentang Akazawa. Delusi Shirato ini dinamakan dengan ‘Delusional Detective – Osamu Chan’. Tiap episode, selalu ada scene delusional ini dan ya, emang cukup ‘ehm’ sih.

Delusional Osamu-chan

Kasus-kasusnya sendiri aku nilai cukup menarik dan sederhana. Ga terlalu kerasa full misteri layaknya drama2 detektif yang pernah aku tonton sih.
Bagian akhir dari drama ini cukup memuaskan menurutku, Shirato yang akhirnya dapet perkerjaan di tempat yang udah lama dia idam2kan ternyata ga mendapatkan kesenangan di sana. Ia justru kembali mengingat impian masa kecilnya untuk menjadi polisi dan menangkap penjahat.
Keberlangsungan romansanya dengan Akazawa pun terasa sedikit ‘tragis’ bagi Shirato, tapi bikin ngakak luar biasa.

Oya, di bagian akhir episode 8, ada para member Host Club yang muncul sebagai cameo dan ngira kalo Shirato adalah Honey senpai yang sedang mereka cari. Ini juga merupakan bagian dari promosi Ouran High School Host Club the Movie yang lagi tayang di tahun yang sama. ^^

ouran 1

6 thoughts on “Shirato Osamu No Jikenbo

    • Eh, itu om2 yang main di film apa, Ami?
      Iya, lumayan seru juga. Kapan lagi nonton drma detektif tapi komedi gini.heheh.
      Gimana OHSHC the movie-nya? Seru ga?
      Siip, sama2 Ami ^^

      • Main di drama Code Blue sama Ryuusei no Kizuna, Kak. Kayaknya masih banyak lagi deh.

        Seru, Kak! Geng OHSHC kan selalu heboh dan senang membantu. Btw aku gregetan karena kurang nangkep bagian dialog bahasa Inggris-nya, ah, listening aku emang nggak begitu bagus sih.

      • Wah, drama2 itu ak blm prnh nonton.hihi. seru ga?

        Haha. Ya,ya, ketololan Tamaki emang ga ada abisnya.
        Ah! Emang itu yang pas bagian dialog b.Inggrisnya ga jelas dan kaya bisik2 gitu. Aku juga saking penasarannya sampe pake headset dan tmbah volume untuk dialog b.inggrisnya itu.hihi.

      • Seru, Kak. Cuma ryuusei no kizuna aku belum nonton sampai habis. Code blue ttg tim emergency RS yang bertugas dgn helikopter. Ada Yamapi sama Toda Erika juga yg main di sana.

        Kalau Ryuusei no Kizuna ttg 3 bersaudara yang berusaha memecahkan misteri pembunuhan orangtua mereka.

        Iya, aku sampai gedein volume juga, tapi tetep aja nggak puas rasanya gara2 bisik2, suara Nickhun masih lebih jelas sih.

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s