[Anime] Hyouka

Hyouka cover

Merasa punya kemampuan analisa? Penggemar berat kisah Sherlock Holmes? Atau pengagum setia tulisan Agatha Christie? Jika ya, maka ‘Hyouka’ adalah tontonan wajib untukmu! Anime berjumlah 22 episode dan satu episode OVA ini mengisahkan kehidupan seorang siswa kelas I SMA Kamiyama bernama Oreki Houtarou. Salah! Kalo kamu mengira bahwa Houtarou adalah seorang detektif SMA yang mampu menangani kasus-kasus sulit, karena kenyataanya, Houtarou adalah siswa biasa yang ‘hemat energi’.

‘Tidak melakakuan hal yang tidak harus aku lakukan, dan jika ada hal yang harus kulakukan, maka aku akan menyelesaikannya dengan cepat’ adalah motto hidup Houtarou. Yup! Sisa waktu yang dimiliki oleh Houtarou ia habiskan untuk tidak melakukan apapun. Ia tidak suka terlibat dalam kegiatan sekolah di luar pelajaran, dia juga tidak suka bermain/nongkrong sepulang sekolah atau kegiatan lain yang akan menghabiskan energinya. Jika jam sekolah usai, satu-satunya hal yang ingin Houtarou lakukan adalah segera pulang ke rumah.

oreki

Karena permintaan dari kakak perempuannya, Houtarou terpaksa bergabung dengan klub klasik. Klub yang nyaris dihilangkan karena tidak memiliki anggota lagi. Saat Houtarou masuk ke ruang klub yang terkunci, ia mendapati seorang siswi bernama Chitanda Eru berada di sana. Chitanda yang juga memiliki alasan pribadi masuk ke klub tersebut terlihat begitu antusias karena ada anggota lain selain dirinya. Ketika Houtarou merasa keberadaan Chitanda cukup untuk mempertahankan eksistentsi klub Klasik, ia berniat pulang ke rumah saat Chitanda tiba-tiba begitu penasaran tentang bagaimana bisa ia terkunci di ruangan klub dan memaksa Houtarou memecahkan rasa pensarannya. “Watashi ki ni narimasu” yang berarti ‘ Aku penasaran’ menjadi pembuka bagi Houtarou untuk memulai hidupnya yang baru.

Hyouka chitanda eru

Chitanda curiousity

Houtarou yang selalu bisa memecahkan rasa penasaran Chitanda, bahkan rasa penasaran dari kedua teman SMPnya yang kini berada di SMA yang sama (Fukube Satoshi dan Ibara Mayaka) dianggap sebagai orang yang selalu bisa diandalkan. Padahal, Houtarou sendiri selalu merasa bahwa ia tidak punya kemampuan analisa, teori yang terlontar dari mulutnya selalu ia anggap sebagai sebuah keberuntungan.

Kotenbu members

Hari terus berlalu dan kehidupan Houtarou sedikit demi sedikit mulai berubah karena keberadaannya di klub Klasik. Chitanda, Satoshi, dan Mayaka mengisi kehidupan Houtarou dari kehidupan monochrome si manusia ‘hemat energi’ menjadi kehidupan remaja SMA yang penuh warna.

Hyouka screen caps

Kasus-kasus yang dipecahkan oleh Houtarou sendiri pun terbilang unik, bukan kasus pembunuhan serius yang melibatkan polisi. Melainkan, kasus-kasus kecil yang memancing rasa penasaran para anggota klub. Mereka berkumpul, membangun kembali klub Klasik, pergi piknik, dan hal lainnya yang wajar dilakukan sahabat.

Sedikit demi sedikit, Houtarou mulai merasakan bahwa kehidupan seorang anak SMA yang penuh warna itu menyenangkan. ^^

Hyouka Houtarou-Satoshi

MY THOUGHT

Aku…. Jatuh cinta banget sama anime ini!!!! Suatu hari, aku lagi surfing google soal rekomendasi lagu anime. Dan ada sebuah blog yang menyebutkan lagu dari anime ini yang wajib untuk didengar. Sang blogger juga menuliskan bahwa ‘Hyouka’ ini anime dengan gambar detil yang sangat sempurna. Terdorong dari tulisan sederhana itu, aku akhirnya memutuskan untuk nonton anime ini dan…
Oya, anime ini juga merupakan rekomendasi pembaca Lollipop ^^

Aku jatuh cinta banget sama anime ini!!! *sampe diulang 2x ngomongnya*, aku yang juga penggila tulisan Agatha Christie serta detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle langsung ngerasa bahwa aku dan anime ini are meant to be *plaaakkk*

Aku suka dengan penggambaran ‘palace of mind’-nya Houtarou yang sama seperti Sherlock Holmes-nya BBC series. Selain itu, ada episode yang menjelaskan lebih dari cukup mengenai tulisan Agatha Christie. Menurutku, penulis dari anime ini, lebih condong pada tulisan Agatha Christie dibandingkan Conan Doyle. Pertama, ada episode berjudul ‘Why don’t they ask EBA’, ini sama dengan salah satu novel Agatha Christie berjudul ‘Why don’t they ask Evan’. Di episode ini juga Houtarou dan Satoshi sempat menyebutkan ‘Murder in Orient Express’ , salah satu karya Agatha Christie yang jadi salah satu kesukaanku J

Kedua, di episode festival sekolah Kamiyama, sebuah preface manga yang dijual pada festival tahun lalu menyebutkan bahwa karya yang akan terbit tahun depan berdasarkan pada salah satu judul novel Agatha Christie yang paling terkenal. Hal ini juga menjadi kunci untuk memecahkan kode di kasus festival sekolah yang tengah diselidiki Houtarou dan teman2. ^^

Oya, bahkan waktu bagian ‘karya yang akan terbit tahun depan berdasarkan pada salah satu judul novel Agatha Chritie yang paling terkenal’ aku buru2 menyebutkan lima karya terbaiknya Agatha Chritie yang aku tahu. Aku pikir, jawabannya adalah ‘And then they were none’ karena karya yang satu ini keren sekali menurutku. Tapi, ‘Hyouka’ menggunakan ‘ABC’s murder’ sebagai kunci pemecahan kasusnya.

Back to ‘Hyouka’, aku juga jatuh cinta berat sama Oreki Houtarou. Pas awal liat, aku sempet kaget karena kupikir Houtarou itu mirip banget sama Yoshida Haru-nya Tonari no kaibutsku-kun. Mirip banget malah! Yang beda Cuma warna rambut, bola mata, dan yang jelas sifatnya bertolak belakang banget! Dua karakter lainnya, Fukube Satoshi dan Ibara Mayaka, aku pikir mereka mirip dengan Sasayan dan Natsume di Tonari no kaibutsu-kun. Apalagi Satoshi, sumpah mirip banget sama Sasayan, baik dari wajah maupun sifatnya.

Source : yahooanswer Mana Houtarou dan Haru? Mana juga Satoshi dan Sasayan?

Source : yahooanswer
Mana Houtarou dan Haru? Mana juga Satoshi dan Sasayan?

Aku juga suka dengan penggunaan music-musik klasik sebagai lagu latar dari beberapa scene di anime ini. Dan yang paling aku suka adalah ‘Air on G string’ milik Bach yang digunakan biasanya di bagian akhir episode, tepat saat Houtarou dan Chitanda jalan berdua dan mendiskusikan sesuatu di bawah terpaan sinar matahari yang tenggelam. Hehe. Anime ini bikin aku jadi ngerasa senang denger ‘Air on G string’ dan ngebayangin scene dalam anime, karena sebelumnya, aku download music ini pas lagi gila2nya sama film2 horror dan suka ngebayangin hal horror tiap kali denger ‘Air on G string’ .heheh. ^^

Aku juga suka dengan cara Houtarou mulai merasa bahwa Chitanda mengagumkan baginya. Aku pikir aku mulai tau cara berpikir cowo introvert ketika dia mengagumi/jatuh cinta sama seorang gadis. Persahabatan seluruh anggota klub juga keren banget menurutku! Jatuh cinta memang ga bisa dihindari, terlebih saat kalian selalu bermain bersama. Dan yang buat aku salut adalah, apapun yang terjadi dengan perasaan/kisah cinta mereka, persahabatan mereka ga pernah berubah b^^d

So, bagi kalian penyuka analisa ala detektif SMA dengan setetes romantisme dan campuran persahabatan, maka ‘Hyouka’ wajib sekali kalian tonton. Oya, aku juga suka dengan both opening and ending songs for this anime. Great anime b^^d

THIS IS A SCHEDULED POST

3 thoughts on “[Anime] Hyouka

  1. Beneran great anime emang! xD
    Hihi, tapi kak euncha, klub nya itu bukannya lebih tepat kalau disebut dengan ‘klub sastra’? Iya, emang sih klub sastra klasik…

    Aku juga sukaaa banget sama anime ini, apalagi kasus ‘hyouka’-nya sendiri, seru dan akhirnya mengharukan T_T sampe nangis, kata temen aku, akunya aja yang terlalu larut dalam cerita xD
    Aku juga nge-review anime ini di blog aku ^^
    Seneng juga ada blog kak euncha yang reviewnya, habisnya yang lain suka bilang Hyouka ngebosenin.-.wah, kesel dong, mereka gak memahami dimana serunya Hyouka T_T

    Haha, maaf kak kepanjangan😁
    Masih nunggu FF nya loh… *wink*
    Mata ne…

    • Wah…. iya klub sastra klasik ya?
      Makasih Candisa, udah mengoreksi.
      Eh aku harus panggil kamu apa ya?

      Wahhh… senangnya nih ada yang suka juga sama Hyouka.
      Masa sih ada yang bilang bosenin? Aku sukaa banget banget sama anime ini malah. heheheh

      Wah…. nantikan yaa ffnya.
      Thank u ^^

Gimme Lollipop

