[Anime] Barakamon

Barakamon cover

Tidak ada yang salah jika kita tidak mau menerima kritikan pedas dari orang yang sama sekali tidak kita kenal, apalagi jika orang itu bahkan belum tentu lebih baik dari kita. Tapi, satu-satunya kesalahan yang dilakukan oleh Seishuu Handa adalah memukul lelaki tua yang telah mengkritik kaligrafi karyanya yang dipamerkan disebuah galeri kelas atas. Celakanya, lelaki tua itu adalah pemilik galeri. Hal ini lantas menyebabkan Handa mendapatkan pandangan negatif dari banyak orang yang menyaksikan aksinya hari itu. Sebagai hukuman atas perbuatannya, juga untuk menenangkan pikirannya, Ayah Handa mengirimnya ke sebuah pulau. Rencananya, di pulau itu Handa akan menenangkan pikiran dan menulis kaligrafi-kaligrafi terbaik untuk membersihkan namanya.

Setibanya di bandara pulau tersebut, tak ada satu pun kendaraan untuk membawanya ke pemukiman warga. Handa yang memutuskan untuk jalan kaki, bertemu seorang kakek yang mengendarai traktor dan menawarinya tumpangan. Awalnya Handa menolak, tapi si kakek mengatakan bahwa inilah satu-satunya tumpangan yang bisa dimiliki Handa. Langit yang biru, awan putih yang berarak di atas hamparan laut seharusnya menjadi pemandangan indah yang bisa menyejukkan mata. Sayangnya, situasi hati Handa yang sedang kacau membuatnya sama sekali tak bisa menikmati hal itu.

Setiba di desa tempat pemukiman warga, Handa bertemu kepala desa yang kemudian mengantarnya ke rumah yang akan menjadi tempat tinggalnya. Kekacauan mulai terjadi, mulai dari kunci pintu yang sulit dibuka, serta sampah makanan yang berserakan di ruang utama yang mengindikasi bahwa ada orang yang tinggal di sana membuat Handa mulai naik darah. Bahkan di lemari dapur, Handa menemukan seorang anak kecil bernama Kotoishii Naru.

HorribleSubs-Barakamon-06-1080p.mkv_snapshot_00.33_2014.08.09_22.46.14-790x444

Naru selalu bisa masuk ke dalam rumah meski Handa telah mengusirnya dan mengunci semua pintu yang ada. Gadis kecil tomboy berusia 7 tahun itu terus-terusan mengganggu Handa dan membuatnya terdistraksi dari tugas utamanya untuk membuat kaligrafi.

Keberadaan Handa di desa tersebut ternyata membawa angin segar bagi para warganya yang hanya berjumlah sedikit. Mereka semua menyukai Handa dan senang membantu Handa. Seorang Ibu yang selalu memasak makanan untuk Handa setiap hari, Miwa dan Tama, pelajar SMA yang selalu mampir dan menjadikan tempat tinggal Handa untuk bermain, juga kebiasaan aneh para warga yang selalu berkunjung melalui pintu belakang membuat kehidupan Handa menjadi lebih berwarna.

Barakamon full

Handa yang awalnya adalah seorang kaligrafer ternama yang hanya mementingkan kaligrafi, kini mulai memahami perasaan-perasaan yang sebelumnya belum pernah ia rasakan. Seperti mengkhawatirkan dan dikhawatirkan seseorang, membantu orang lain, dan lain sebagainya. Kehidupan Handa terus berlanjut di pulau itu, dengan banyak kejadian yang memberinya inspirasi untuk membuat kaligrafi yang lebih baik setiap harinya.

MY THOUGHT

Aku udah cukup lama mengincar anime ini sebenarnya. Berhubung waktu itu masih on going, jadi aku tunggu sampe completed! Dan yosh! Ini adalah anime musim panas terbaik yang wajib ditonton. Anime dengan genre slice of life ini menyuguhkan bagaimana seseorang yang tengah jatuh ke titik terendah dalam hidupnya kembali menemukan setitik harapan dan kembali bangkit menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Anime ini seolah menyampaikan pada penonton bahwa, serendah apapun kau mengalami jatuh dalam hidupmu, ingatlah bahwa kesulitan dan ketakutan itu akan ada akhirnya. Semuanya akan segera tergantikan dengan kebahagiaan karena dirimu menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu mensyukuri apa yang kau miliki. Nilai-nilai kekeluargaan, persahabatan, kasih sayang yang kental, serta campuran komedi yang pas menjadikan Barakamon ingin untuk ditonton lagi dan lagi. ^^

Entah karena sebelum anime ini aku nonton Hyouka, aku ngira kalau wajah Handa ini agak-agak mirip juga sama Houtarou. Ya, mungkin, beberapa tahun lagi Houtarou, juga Haru (Tonari no kaibutsu kun) bakalan memiliki wajah yang sama dengan Handa.hihi.

Oh ya, aku juga suka dengan karakter Kotoishii Naru yang selalu periang dan enerjik. Ga ada satupun hal di dunia ini yang bisa brings her down. Setiap hari adalah keceriaan, bahkan dalam ketakutannya sekalipun, selalu ada keceriaan. Pokonya Naru ini lucu banget, meskipun dia itu super tomboy, tapi dia sayang banget sama Handa ^^

Jadi, bagi kalian yang menyukai anime dengan genre slice of life dan bumbu komedi yang pas, Barakamon lah jawabannya J

Bonus : Aku juga suka banget sama lagu opening dan ending anime ini.

Opening : Super Beaver – Rashisha

Ending : Noisycell – Innocence

THIS IS A SCHEDULED POST

2 thoughts on “[Anime] Barakamon

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s