[Anime] When Marnie Was There

Cover when marnie was there

Another Studio Ghibli’s work! Yeayyy!!! Studio Ghibli ga pernah gagal untuk buat aku selalu super excited dan susah move on dari karya-karyanya yang baru aja aku tonton. Setelah sebelumnya aku sukses dibuat mewek oleh Grave of the Fireflies, kali ini Studio Ghibli berhasil menguras air mataku lewat When Marnie was There. You! Yes You! Wajib sekali nonton anime movie ini. Kenapa? Mari kita simak ulasan singkatnya.

WMWT Anna

When Marnie was There adalah anime movie yang mengisahkan seorang gadis berusia 12 tahun bernama Anna. Anna yang tinggal di Sapporo bersama keluarga angkatnya itu merupakan gadis pemurung dan penyendiri. Satu-satunya alasan ia seperti itu adalah karena ia masih belum bisa menerima kenyataan bahwa ia adalah anak angkat. Ia merasa dirinya tidak normal karena tidak memiliki keluarga utuh yang sebenarnya. Selain itu, Anna baru saja menemukan sebuah dokumen yang menyatakan bahwa orang tua angkatnya menerima uang subsidi untuk pemeliharaan Anna. Ia mulai meragukan bahwa Ibu angkatnya benar-benar mencintainya.

Karena penyakit asma dan kesehatannya yang menurun, Ibu angkat Anna mengirimnya ke sebuah desa dengan udara yang lebih bersih untuk kesembuhan Anna. Di sana, ia dititipkan pada adik dari Ibu angkatnya, Paman dan Bibi Oiwa. Di desa, Anna menemukan sebuah rumah mewah di tepi danau. Ia merasa begitu familiar dengan rumah tersebut dan segera melalui danau yang surut untuk mencapai rumah tersebut. Sayang, rumah itu kosong tak terawat, tak ada seorang pun yang tinggal di sana.

WMWT house

Suatu hari, Anna kembali melihat rumah itu dan mendapati seorang gadis seusianya menghampiri. Gadis berambut pirang dan bermata biru itu seperti seseorang yang selalu hadir dalam mimpi Anna. Gadis bernama Marnie itu mengajak Anna berteman, lalu mereka menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bermain. Di antara semua anak seusianya yang Anna kenal, hanya Marnie lah yang entah mengapa membuatnya merasa begitu hangat dan bahagia. Meski baru saling mengenal, Anna menyayangi Marnie seperti keluarganya sendiri.

WMWT Marnie-Anna

Hari demi hari Anna lalui dengan mendatangi rumah Marnie, lalu bermain ke tempat yang Marnie ajak dan saling menceritakan kisah masing-masing. Hingga suatu hari, karena kelelahan, Anna lupa untuk kembali datang ke rumah Marnie. Padahal sebelumnya Marnie mengatakan pada Anna untuk kembali datang padanya. Sejak saat itu, Anna tidak pernah melihat Marnie, bahkan rumah Marnie kembali terlihat tak terurus seolah tak berpenghuni.

WMWT -1

Suatu hari, saat kembali menuju rumah Marnie, Anna melihat ada banyak orang yang tengah merenovasi rumah itu. Lalu seorang gadis kecil muncul dari jendela kamar Marnie dan mengira bahwa Anna adalah Marnie, gadis yang sebelumnya tinggal di dalam kamar itu. Anna mulai menyadari bahwa mungkin sebenarnya Marnie tidaklah nyata, hanyalah seorang teman khayalan yang diciptakannya sendiri. Namun, keraguan muncul saat gadis kecil yang menempati kamar Marnie menyodorkan sebuah buku harian milik Marnie. Apakah sebenarnya Marnie hanya teman khayalan Anna ataukah benar-benar nyata?

MY THOUGHT

WMWT - Marnie

Kalian ga akan rugi nonton anime movie ini! Aku jamin! Hahaha Seperti biasa, anime milik studio Ghibli ga memiliki visual karakter yang super cantik atau ganteng atau pun bermata super belo dan berbadan ideal. Semuanya dibuat berdasarkan kenyataan. Begitu juga dengan setting2 tempatnya, begitu menyejukkan mata.

Di awal cerita, kita disuguhkan dengan plot yang amat sangat sederhana tapi begitu menarik dan buat penasaran. Semacam ga sabar untuk tau apa yang bakalan terjadi setelahnya. Di awal pertemuan Anna dengan Marnie, emang terasa ganjal. Begitu pun dengan waktu2 yang dilalui Anna bersama Marnie. Suasana di sekitar mereka pun terasa banyak yang aneh dan mencurigakan. Sehingga aku pribadi super penasaran dengan si Marnie ini. Siapa sih dia? Beneran ada atau engga ya?

Nah, aku ga bisa komen banyak tentang anime dari Studio Ghibli ini. Karena kurasa ga ada yang perlu aku komentarin. Semuanya begitu sempurna, entah itu dari segi visualisasi, music, atau pun plot. Penasaran sebenernya Marnie beneran ada atau cuma khayalan Anna? Cuss segera ditonton anime movie nya dan jangan lupa siapkan tissue yang banyak!!!

2 thoughts on “[Anime] When Marnie Was There

  1. hiks … yang ini nyesek juga. ternyata Marnie itu *tiiiiiiit* ndak boleh spoiler ding.

    fueee, emang wajib nonton biar tau perasaannya teman yang mungkin senasib sama film itu.

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s