Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako

Girls in the dark2

Judul   : Girls n the Dark

Penulis : Akiyoshi Rikako

Halaman: 277 halaman

Penerbit : Haru

Harga  : Rp. 52.000

ISBN : (10) 6027742313

Enam buah naskah dibacakan bergiliran di tengah malam hujan badai, bersamaan dengan ritual yaminabe sebagai upacara penyambutan anggota baru klub sastra. Di tengah kegelapan, setiap orang membacakan naskahnya yang merupakan analisis dari kematian sang ketua klub, Shiraishi Isumi. Setiap naskah saling menuduh, menyebutkan alibi masing-masing dan motif sang tertuduh untuk membunuh sang ketua klub tercinta.

Adalah Shiraishi Isumi, sang ketua klub sastra yang cantik bak bunga Lili. Menghidupkan kembali klub sastra, menjadikan bangunan bekas kastil tua di samping gedung sekolah sebagai salon mewah khusus klub sastra. Berbagai buku-buku terbaik ada di sana, interior yang berkilauan, serta kudapan nikmat mancanegara selalu tersedia di sana. Hanya orang-orang istimewa pilihan Isumi lah yang bisa menjadi anggota klub sastra.

Kegiatan di klub sastra berjalan lancar selama nyaris tiga tahun. Membuat seluruh siswi sekolah putri iri akan mereka yang bisa bergabung menjadi anggota klub sastra. Tapi naas, sebuah pemandangan yang tak sesuai dengan kemewahan itu nampak di tengah-tengah gedung sekolah. Sang ketua klub tewas berlumuran darah, diduga melompat dari atap sekolah. Ia menggenggam bunga lili di tangan pucatnya. Tidak! Isumi tidak bunuh diri, melainkan dibunuh. Bunga lili yang digenggamnya merupakan petunjuk kematian terhadap si pelaku, salah satu dari anggota klub sastra yang telah mengkhianatinya.

 

MY THOUGHT

Setelah sekian lama penasaran dengan J-lite thriller dari penerbit Haru dan baca banyak review yang bilang bahwa novel ini keren, akhirnya aku baca juga novel Girls in the Dark ini. Terbukti bahwa Akiyoshi sensei luar biasa! Girls in the Dark ini bikin penasaran tingkat tinggi dari halaman pertama. Penggambaran mengenai salon klub sastra bener-bener bikin aku ngiler dan berangan-angan, andai aja aku bisa masuk klub sastranya Isumi, pasti bahagia banget! Karena salon sastranya Isumi itu almost heaven bagi pecinta buku dan sastra seperti aku.heheh.

Penggambaran mengenai suasana malam dengan guyuran hujan badai, juga gelapnya salon klub sastra yang cuma diterangi nyala lilin bikin suasana makin mencekam. Ditambah lagi ritual yaminabe, di mana setiap anggota klub sama sekali ga tau bahan-bahan makanan apa aja yang dimasukkan ke dalam kuali. Gimana kalo isinya racun? Kan salah satu di antara mereka adalah pembunuh sang ketua klub. Hehe ^^v

Naskah pertama yang dibacakan, langsung memberikan tuduhan pada salah satu anggota klub. Aku agak berpikir, ko boleh ya frontal gitu langsung menyebutkan satu nama sebagai pelaku? Kalo aku yang mengalaminya, mungkin dalam ritual malam itu akan terjadi keributan hebat sebelum naskah keenam dibacakan.

Menuju akhir cerita, aku mulai menebak bahwa mungkin sebenarnya Isumi ini adalah karakter yang agak2 ga beres. Karena semua anggota klub begitu memuja dan mendewakannya. Isumi di mata para anggota klub adalah sosok yang sempurna tanpa cela, yang akan membuat siapa saja jatuh hati dan bersedia melakukan apa saja demi dirinya.

Di akhir cerita, mulailah terkuak kebenaran yang bikin aku tercengang. Like… “Oh my God! I was analyzing this!” Good job, Akiyoshi sensei! Suka pokonya dengan twisted ending-nya. Overall, aku suka dengan thriller dan teka-teki yang disuguhkan. Juga dengan penggambaran setting tempat dan suasana yang mencekam, feel insecure kalo berada di sana malam itu.
Penasaran? You’ve to read it, Girls! Now!

 

P.S : Dicetakan baru Girls in the Dark ini, kalian akan mendapatkan bonus cerpen di halaman paling akhir berjudul Hukuman Telak. Nice!

 

2 thoughts on “Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako

Gimme Lollipop

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s